Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Spurs Dominasi Thunder, Temukan Eliminator Ibaka

By Eko Widodo - Jumat, 30 Mei 2014 | 14:49 WIB
Duel Manu Ginobili (kiri) dengan Russell Westbrok, kontribusi bench Spurs 55 angka. (Getty Images)

89, dan memimpin series dengan 3-2.

Russell Westbrook yang menjadi mesin angka Thunder di gim keempat menjadi incaran penonton. Westbrook diteriaki 'boooo' di pemanasan maupun pre game. Thunder melejit dengan 11-2 di awal kuarter pertama. Setelah Danny Green mencetak 3 angka, barulah penonton Spurs bergairah kembali.

Kuarter pertama, Spurs dan Thunder berbagi angka 32-32. Kuarter kedua, Spurs memimpin dengan 33-23. Kuarter ketiga pun dimenangi Spurs dengan selisih angka, 29-29. Sedangkan kuarter keempat dimenangi Spurs juga dengan 23-15.

Thunder bermain dalam tekanan. Mereka terkejut saat Spurs mengganti starter Thiago Splitter dengan Matt Bonner. Inilah variasi starter ke-31 yang digunakan pelatih Spurs, Gregg Popovich di musim ini. Bonner terbuktik bisa mengatasi Serge Ibaka (baca: NBA INSIDE STATS: Matt Bonner Pengunci Ibaka).

Field goal OKC hanya 43,2% sementara Spurs 51,3%. Spurs juga outrebound Thunder dengan 48-35. Defense Spurs mencegah Thunder di fast break. Thunder hanya mencetak 4 angka dari fast break sementara Spurs 14. Spurs membuat 23 assist sementara Thunder 19.

"Setiap gim selalu ada perbedaan. Saya belum memiliki petunjuk bagaimana mempersiapkan di gim berikutnya," kata Popovich, yang terlihat sangat fokus sepanjang pertandingan.

Pelatih Thunder, Scott Brooks, mengaku sudah melakukan apa saja untuk menghadapi Spurs di gim kelima. "Saya sudah meladeni dan mengantisipasi apa yang mereka lakukan. Namun, Spurs bisa melakukan apa saja, apakah itu serangan langsung ke paint, bermain di perimeter, atau di tembakan bebas," kata Brooks.

Pembuat angka terbanyak dari Thunder adalah Kevin Durant dengan 25 angka, Russell Westbrook 21, dan Reggie Jackson 11. Dari Spurs, skor terbanyak dibuat Tim Duncan 22 angka 12 rebound, Manu Ginobili 19 angka 6 assist, Kawhi Leonard 14 angka, Danny Green 14, Boris Diaw 13, dan Tony Parker 12.

Spurs mendapatkan kontribusi angka dari bench 55 angka, sementara Thunder hanya 26 angka. Gim keenam dimainkan Minggu 2 Juni.