Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Timnas U-23: Jadwal Asian Games Sentuh Liga Super

By Eko Widodo - Rabu, 28 Mei 2014 | 14:25 WIB
Ramdani. salah satu skueat Timnas U-23. (Peksi Cahyo/BOLA)

23 yang akan tampil di ajang Asian Games 2014 di Incheon, Korea Selatan, pada 18 September-4 Oktober. Jadwal tim asuhan Aji Santoso itu yang paling dekat dengan waktu penyelenggaraan dibanding agenda timnas U-19 di Piala AFC U-19 (Oktober) dan timnas senior di Piala AFF (November).

Namun, kendala yang dite­mui Indonesia U-23 dalam masa persiapan tidak sedikit. Jadwal ajang multicabang di Asia itu yang bersamaan dengan Liga Super Indonesia menjadi tantangan tersendiri bagi tim pe­latih dalam memanggil pemain.

Pada medio September hingga Oktober, LSI telah memasuki babak 8 besar. Fase tersebut menentukan bagi klub untuk bisa menjadi juara musim ini. Klub-klub diprediksi akan keberatan melepas pemain yang dipanggil timnas lantaran tidak mau kekuatan mereka pincang.

“Kami akan bicarakan itu saat LSI sudah memasuki babak 8 besar dengan tim yang berhasil lolos. Saya melihat pembicaraan pada saat itu akan jauh lebih efektif. Sekarang kami membiarkan dulu agar 22 tim peserta bisa lebih fokus mencari tiket ke babak 8 besar,” ungkap Joko Driyono, Sekjen PSSI.

Namun, Joko yang juga menjabat sebagai CEO PT Liga Indonesia sebagai operator liga telah memiliki beberapa skema sebagai jalan keluar dari permasalahan tersebut.

“Ada opsi untuk menyesuai­kan jadwal babak 8 besar dengan agenda timnas U-23. Namun, kebijakan itu bisa berbenturan dengan agenda timnas senior yang menginginkan kompetisi berakhir lebih cepat untuk menggelar pelatnas Piala AFF,” lanjutnya.