Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Rafael Nadal Kontra Djokovic di Laga Puncak

By Tulus Muliawan - Minggu, 18 Mei 2014 | 15:48 WIB
Rafael Nadal, mendapatkan lawan tangguh di final Italia Terbuka 2014. (Getty Images)

Dua petenis nomor satu dan dua dunia, Rafael Nadal dan Noval Djokovic berjumpa di babak final tenis Master 1000, Italia Terbuka, Minggu (18/5) di Foro Italico, Roma, Italia. Nadal memiliki tujuh gelar di event ini sedangkan Djokovic dua.

Nadal tanpa ampun menyudahi perlawanan Grigor Dimitrov dengan 6-2 6-2 di babak semifinal. Inilah hasil straight set pertama Nadal setelah sebelumnya tiga kali berturut-turut bermain tiga set.

"Konfirmasi di hari ini, saya bermain bagus dan lebih baik dari sebelumnya. Banyak hal positif di laga ini," ucap Nadal kepada ESPN.

Di partai semifinal lain, Djokovic menghentikan debutan Kanada, Milos Raonic dengan keras, 6-7 (5), 7-6 (4), 6-3. "Saya tertekan oleh permainannya. Saya akhirnya memutuskan fokus ke pengembalian bola," kata Djokovic, usai laga.

Pertandingan antara Nadal lawan Djokovic dipastikan berlangsung seru. Nadal memenangi 22-18 dari semua laga yang dilakukan lawan Djokovic. Namun, Djokovic memenangi pertemuan terakhir mereka di tahun ini di Sony Open, di Florida, AS.

Di event Italia Terbuka, Nadal dan Djokovic sudah bertemu tiga kali di babak final. Nadal memenangi dua kali.

Nadal memuji konsistensi calon lawannya, yang baru saja pulih dari cedera pergelangan tangan. "Ia bermain sangat bagus. Pertandingan nanti akan berlangsung sangat ketat,' kata Nadal.

Hal senada diucapkan Djokovic. "Pertandingan akan berlangsung keras dan brutal. Kami akan adu konsisten dalam pengambalian bola," ucap Djokovic.

Di bagian putri, Sara Errani menjadi petenis tuan rumah pertama yang lolos ke final dalam 30 terakhir. Errani akan menghadapi juara bertahan Serena Williams.

Errani menang atas unggulan keenam, Jelena Jankovic 6-3, 7-5, setelah tertinggal 1-4 di set kedua. Sedangkan Williams menang atas Ana Ivanovic 6-1, 3-6, 6-1.