Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

8 Klub dengan Akademi Penghasil Bintang

By Suryo Wahono - Kamis, 22 Mei 2014 | 22:02 WIB
Lulusan akademi West Ham, (ki-ka) Joe Cole, Frank Lampard, dan John Terry. (Jan Kruger/Getty Images)

Tak semua klub sepak bola besar suka mencari pemain jadi dengen membeli dari klub lain. Sebagian malah lebih mendidik sendiri pemain sejak usia dini. Berikut ini 8 klub dengan akademi penghasil bintang sepak bola kelas dunia.

Real Madrid

Jangan kira Los Blancos hanya dikenal sebagai klub yang doyan belanja saja. Mereka juga telah melahirkan pemain muda selama bertahun-tahun, tetapi biasanya dijual untuk membeli pemain bintang yang sudah mapan. Madrid akhirnya membuka mata dunia dengan mengintegrasikan beberapa bintang muda ke dalam tim inti seperti Alvaro Morata, Jese Fernandez, Nacho Fernandez.

Lulusan Ternama: Roberto Soldado, Juan Mata, Alvaro Morata, Jese Fernandez, Nacho Fernandez, Iker Casillas.

Barcelona

Klub Catalan ini punya akademi yang subur mencetak bintang-bintang anyar. Akademi La Masia dibangun oleh Johan Cruyff, yang terinspirasi akademi Ajax. Akademi ini sukses menghasilkan pemain-pemain legendari terkenal seperti Pep Guardiola, Carles Busquets, dan Guillermo Amor.

Lulusan Ternama: Lionel Messi, Xavi Hernandez, Andres Iniesta, Sergio Busquets, Cesc Fabregas, Gerard Pique, Victor Valdes, Pedro.

Bayern Muenchen

Mereka suka beli pemain dari klub lain macam Borussia Dortmund. Padahal Muenchen punya akademi yang dianggap salah yang terbaik di dunia. Klub Jerman itu konon sampai punya 150 pemain di akademinya. Mereka juga punya tim pencari bakat yang rajin memantau pemain-pemain dari berbagai negara termasuk India, Amerika Serikat, hingga benua Afrika.

Lulusan Ternama: Phillip Lahm, Bastian Schweinsteiger, Toni Kroos, Thomas Muller.

Southampton

Akademi The Saints belakangan ini mencuat lantaran lulusan-lulusannya tampil gemilang di kancah sepak bola dunia. Padahal, Southampton pernah mencuatkan nama besar seperti Alan Shearer dan Matt le Tissier. Lulusan yang belakangan menanjak misalnya Gareth Bale. Akademi mereka sebagian besar terdiri dari anak-anak yang lahir di Inggris.

Lulusan Ternama: Gareth Bale, Theo Walcott, Alex Oxlade-Chamberlain, Adam Lallana, Luke Shaw.

Manchester United

Old Trafford adalah salah satu klub yang suka membangun tim inti dari pemain muda didikan sendiri sejak 1950-an. Sir Matt Busby dikenal suka menyampur pemain muda dengan yang sudah pengalaman. Filosofi ini diikuti oleh Sir Alex Ferguson. James Wilson, Tom Lawrence, dan Andreas Periera hanyalah segelintir bintang muda yang telah mereka luncurkan.

Lulusan Ternama: Ryan Giggs, David Beckham, Nicky Butt, Gary Neville, Phil Neville, Paul Scholes, Danny Welbeck, Tom Cleverley, Jonny Evans.

Sporting CP

Akademi Sporting CP sebetulnya dianggap sebagai salah satu yang terbaik, tapi tak banyak pemain muda Sporting yang pindah ke klub besar belakangan ini. Beberapa pemain legendaris telah lahir di sana. Statistik menunjukkan bahwa setidaknya tujuh pemain Sporting berada di tim nasional Portugal segala kelompok umur.

Lulusan Ternama: Cristiano Ronaldo, Luis Figo, Nani, Ricardo Quaresma, Joao Moutinho.

Ajax

Klub berlogo prajurit berhelm ini menerima banyak pujian karena produk-produk mereka. Ajax bukan klub yang suka beli pemain, mereka mengandalkan pemain muda dan memenangi Liga Champion 1995 dengan sejumlah pemain belia. Tim Eredivisie ini telah menjual begitu banyak pemain muda. Walau mayoritas bintang mudanya dijual, prestasi Ajax tetap dominan di liga lokal.

Lulusan Ternama: Dennis Bergkamp, Clarence Seedroff, Patrick Kluivert, Rafael Van der Vaart, Wesley Sneijder.

West Ham United

Walau jarang meraih gelar di turnamen, West Ham United telah menghasilkan segudang pemain bagi berbagai klub dan negara. Bahkan mereka dijuluki "The Academy". Status ini diperoleh setelah mereka menghasilkan pemain seperti Geofff Hurst, Bobby Moore, dan Martin Peters, tokoh-tokoh penting timnas Inggris di Piala Dunia 1966.

Lulusan Ternama: Paul Ince, Frank Lampard, John Terry, Rio Ferdinand, Anton Ferdinand, Joe Cole, Michael Carrick, Glen Johnson, Jermain Defoe.