Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Marquez Mewaspadai Faktor Cuaca di Le Mans

By Oka Akhsan M. - Selasa, 13 Mei 2014 | 21:32 WIB
Marc Marquez (Mirco Lazzari gp/Getty Images)

Marc Marquez begitu mendominasi pada musim 2014. Pebalap Repsol Honda itu selalu menang dari pole position pada empat balapan awal.

Marquez kini unggul 28 poin atas rekan setim yang menjadi pesaing terdekatnya di klasemen, Dani Pedrosa. Melihat performa apiknya, juara dunia 2013 itu dijagokan meraih kemenangan kelima di GP Prancis, 18 Mei.

"Setelah menjalani balapan hebat di Jerez dan meraih hasil positif dalam tes pada 5 Mei, kami sudah tak sabar tampil di Le Mans. Cuaca di sana tidak menentu, jadi penting bagi kami langsung tampil bagus sejak FP1," kata Marquez.

GP Prancis 2013 berlangsung dalam kondisi trek basah. Marquez mengakhiri balapan di posisi ketiga dan podium utama direbut Pedrosa.

"Tahun lalu kami menjalani balapan basah pertama di sini dan saya mengambil banyak pelajaran. Namun, saya berharap tahun ini balapan berlangsung dalam kondisi kering!" ujar Marquez.

Marquez belum pernah memenangi balapan basah di kelas primer. Selain itu, pebalap berusia 21 tahun tersebut tiga kali gagal finis dari enam penampilan di GP Prancis.

"Kami tahu Dani, Jorge, dan Valentino akan kembali memberikan perlawanan hebat di sini. Namun, kami akan tetap fokus pada program sendiri dan berjuang meraih kemenangan atau setidaknya meraih poin maksimal," tutur Marquez.