Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Persijap vs Persita: Asa Bangkit Laskar Kalinyamat

By Eko Widodo - Senin, 19 Mei 2014 | 13:31 WIB
Evaldo da Silva (kiri) lebih bersemangat dengan kehadiran pelatih baru. (Deni Danaswara/Tribun Bandung)

Persijap dan Persita, yang akan berlaga di Stadion Gelora Bumi Kartini, Jepara, pada Senin (19/5), punya kepentingan sama. Mereka ingin mengatrol posisi dari zona bawah Grup 1 LSI 2014.

Persijap, sang tuan rumah, terpuruk di posisi buncit klasemen sementara. Asa kebangkitan diapungkan Laskar Kalinyamat.

Mereka tampil dengan warna baru dalam laga ini. Yudi Suryata secara resmi ditunjuk sebagai pelatih kepala. Sebelumnya, kapten tim Evaldo da Silva menjalani tugas sebagai caretaker di beberapa laga pengujung putaran pertama. Raja Isa diberhentikan karena dianggap gagal.

Yudi bukan sosok asing di Jepara. Dia yang membawa Persijap promosi ke Divisi Utama pada 2007/08, yang kala itu merupakan kompetisi kasta tertinggi di Tanah Air.

“Saya baru bergabung pada Kamis (15/5). Artinya, saya hanya punya waktu persiapan tiga hari sebelum menghadapi Persita. Kondisi ini jelas tak mudah. Apalagi, Persijap  ditinggalkan sejumlah pemain yang memilih hengkang ke klub lain,” ujar Yudi.

Persiapan cepat dilakukan Yudi. Meski kondisi terbatas, bukan berarti Persijap tak berharap menang. Sebaliknya, Yudi ingin memberikan tiga poin dalam debutnya.

“Yang harus saya lakukan pertama adalah mengangkat mental pemain. Mereka tak boleh terpaku dengan situasi di Jepara. Banyak klub yang menghadapi situasi sama dengan Persijap. Pemain harus tahu hari esok akan ditentukan pada hari ini. Lawan Persita merupakan laga kandang sehingga kami harus memaksimalkannya,” ujar Yudi.

SIARAN LANGSUNG
Kompas TV

Senin, 19 Mei; Pukul: 15.30 WIB