Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Putra Samarinda: Nilmaizar Kembali ke Sepak Bola

By Eko Widodo - Senin, 12 Mei 2014 | 14:59 WIB
Nilmaizar, kembali ke sepak bola dengan tangani Putera Samarinda. (Erly Bahtiar/BOLA)

Setelah beberapa saat vakum dari dunia sepak bola untuk menekuni dunia politik, eks pelatih Semen Padang dan timnas, Nilmaizar, kembali ke dunia yang membesarkan namanya. Pria berusia 44 tahun itu menjadi pelatih anyar Putra Samarinda menggantikan Mundari Karya yang mengundurkan diri.

“Benar, pelatih lama mengajukan pengunduran diri selepas kalah 1-2 dari Persiba Balikpapan (8/5). Pelatih Mundari mundur karena merasa tidak memenuhi pencapaian yang diharapkan klub di putaran I,” kata Agus Setiawan, Manajer Pusam.

Pengunduran diri itu diterima klub dan kedua pihak sepakat berpisah secara baik-baik. “Tidak ada tekanan atau konflik apa pun. Semua murni keinginan pelatih Mundari,” ucap Agus.

Di akhir putaran pertama babak penyisihan Grup II, Pusam berada di peringkat sembilan dengan koleksi poin 10, terpaut 10 angka dari pemuncak klasemen sementara, Mitra Kukar. Pencapaian itu membuat tim berjuluk Pesut Mahakam ini harus berjuang ekstra keras untuk bisa menggapai posisi empat besar di akhir putaran II.

Tak mau membuang waktu, Pesut Mahakam bergerak cepat dengan mengontak Nil. Politisi yang baru saja mencalonkan diri sebagai anggota DPR-RI itu sudah berada di Samarinda sejak Sabtu (10/5) untuk menuntaskan negosiasi kontrak. Nil diberi tugas membawa M. Roby dkk. menembus empat besar.

“Insya Allah saya siap. Kalau tidak, saya tidak akan berada di Samarinda sekarang. Saya yakin bisa membawa klub ini ke posisi lebih baik,” kata ayah tiga anak itu.

Hanya, Nil mengakui belum mengetahui secara detil kondisi terkini Pusam sehingga ia belum berani memastikan apakah materi pemain yang ada sekarang cukup untuk menjawab tantangan yang diberikan klub kepadanya ataukah perlu suntikan tenaga baru.

“Saya belum bicara tuntas dengan manajemen dan asisten pelatih yang masih ada. Kalau semuanya sudah saya ketahui, baru bisa diputuskan apakah cukup atau akan mencari pemain baru. Yang jelas, saya cukup memahami Bayu Gatra cs.,” ujarnya.

Agus mengklaim Nil sudah mencapai kata sepakat dengan Pusam dan siap menjalankan tugasnya sebagai pelatih baru pada latihan pertama setelah tim diliburkan selama tiga hari.

“Senin (12/5), pelatih Nil mulai menangani pemain di Stadion Sempaja sebagai persiapan putaran II,” ucap sang manajer.

Sumber: Harian BOLA (Penulis: Yosrizal, Aning Jati)