Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Cuccureddu Berharap Conte Bertahan di Juventus

By Jaka Sutisna - Rabu, 14 Mei 2014 | 01:01 WIB
Antonio Conte (Getty Images)

Mantan pemain Juventus, Antonello Cuccureddu, mengatakan bahwa Antonio Conte harus percaya dia bisa mengulang sukses dengan Juventus. Namun, ia memperkirakan Conte mungkin juga mendengarkan tawaran dari klub lain.

Menjelang pembicaraan dengan direktur klub terkait proyek Juventus pada musim depan, Conte telah memberikan isyarat bahwa kebersamaan tiga tahun dengan Si Nyonya Tua ada kemungkinan akan berakhir.

"Kita harus memahami apa yang ada di balik pernyataan Conte tersebut. Saya tidak berpikir Conte mengatakan demikian karena takut tidak menang lagi," ujar Cuccureddu.

"Di luar negeri banyak kasus di mana pelatih bertahan untuk waktu yang lama di sebuah klub meskipun mereka tidak juara setiap tahun. Apakah di Italia hal seperti itu sulit? Saya tahu itu dan mengerti tekanan yang Conte rasakan," tutur Cuccureddu.

Conte ingin memulai siklus baru. Pelatih berusia 44 tahun itu ingin merevolusi skuat dan memulai siklus baru. Namun, Cuccureddu tidak setuju dengan pendapat Conte yang menilai siklus kemenangan Juventus sudah berakhir.

"Tidak ada aturan bahwa setelah tiga musim siklus selesai. Mungkin untuk mengulang prestasi akan sulit, tapi pada akhirnya Juventus selalu bisa melangkah maju. Mereka bisa menang lagi meski tidak harus dengan mencapai 100 poin seperti yang bisa mereka lakukan musim ini," ungkap Cuccureddu.

Cuccureddu menilai Juventus perlu melakukan investasi demi membuat tim lebih kuat karena musim depan akan banyak tantangan yang harus dihadapi I Bianconeri. Selain lawan yang akan melakukan penguatan, akan ada Liga Champion dan Piala Dunia Brasil 2014 yang bisa memberikan dampak bagi kondisi para pemain.

"Klub pesaing pasti akan melakukan penguatan dan itu bukan satu-satunya tantangan untuk Juventus pada musim depan. Juventus akan memiliki laga internasional dan ada Piala Dunia yang bisa berefek buruk terhadap pemain," ujar Cuccureddu.

"Saya tidak menyangkal bahwa Juventus akan sulit untuk mengulang prestasi, tapi saya percaya apa pun mungkin terjadi. Masalah nyata, bagaimana pun adalah Liga Champion. Conte ingin memenangkannya, tapi tidak mengatakan bahwa klub memiliki kekuatan untuk berinvestasi dan struktur yang sesuai," tutur Cuccureddu.

"Dan siapa tahu, Conte sedang mempertimbangkan beberapa tawaran dari klub lain. Jika dia tidak memiliki skuat yang diinginkannya, dia mungkin ingin menerima salah satu tawaran yang memberikan motivasi baru," ungkap Cuccureddu.

Biar bagaimanapun Cuccureddu berharap Conte mau bertahan di Juventus.

"Normal jika Conte ingin meninggalkan klub sebagai pemenang. Conte adalah yang terbesar saat ini dari semua pelatih, protagonis yang terlahir kembali.  Namun, jangan lupa bahwa ada pemain besar di belakangnya dan dia juga harus selalu berterima kasih kepada klub atas kesempatan yang telah mereka berikan kepadanya," kata Cuccureddu.

"Jika ada kesalahpahaman antara Conte dan klub, kita tak akan pernah tahu, tapi saya masih berharap dia bertahan. Dan jika dia tidak menang untuk beberapa tahun dia bisa bersabar seperti yang terjadi pada Sir Alex Ferguson," ucap Cuccureddu.