Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Guardiola: Tito Lebih dari Seorang Teman

By Verdi Hendrawan - Minggu, 27 April 2014 | 09:53 WIB
Jose Guardiola (kiri) bersama Tito Vilanova (Lluis Gene/Getty Images)

Pelatih Bayern Muenchen, Josep Guardiola yang pernah bersama Tito Vilanova menangani Barcelona dan meraih puncak kejayaan bagi klub raksasa Catalonia itu, mengakui bahwa ia merasa sangat sedih atas meninggalnya mantan asistennya itu. Bagi Pep, Tito lebih dari sekedar teman.

Vilanova meninggal dunia pada Jumat malam (25/4) pada usia 45 tahun. Mantan pemain dan juga pelatih Barcelona itu tidak kuasa melawan kanker tenggorokan yang ia derita selama dua setengah tahun terakhir.

Guardiola yang harus mendampingi Muenchen untuk bertanding menghadapi Werder Bremen tidak bisa secara langsung memberikan penghormatan terakhir kepada Vilanova. Ia hanya bisa mengutarakan perasaanya itu melalui media.

"Tito adalah lebih dari seorang teman. Sulit bagi saya untuk fokus pada pertandingan ini (kontra Bremen pada Sabtu (26/4). Kesedihan yang saya rasakan untuk Tito akan terus menemani saya di seumur hidupku," tutur Guardiola dikutip dari Football Espana.

"Dari sini (Jerman) saya ingin mengucapkan belasungkawa saya yang mendalam kepada keluarganya. Kami telah melalui banyak hal bersama. Kami menang bersama-sama, kami kalah bersama-sama. Hal ini sulit diterima oleh saya dan semua orang," lanjutnya.