Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Timnas Senior: Pemain Arema Absen,Pemain Lain Siap

By Eko Widodo - Rabu, 7 Mei 2014 | 15:13 WIB
Manahati Lestusen, dipanggil ke timnas senior. (Erly Bahtiar/BOLA)

Batal bergabungnya tujuh pemain Arema Cronus dalam pemusatan latihan timnas senior untuk persiapan laga amal menjamu tim ASEAN All Stars, Minggu (11/5), membuka kesempatan bagi beberapa pemain lain untuk diseleksi dan mengikuti pelatnas.

Pelatih Alfred Riedl sudah memanggil Tantan, Ferdinand Sinaga (Persib), Ricardo Salampessy, Manahati Lestusen (Persebaya), Asri Akbar (Sriwijaya FC), Rizky Rizal Ripora (Barito Putera),  Choirul Huda (Persela), Novan Setya Sasongko (Semen Padang), dan Steven Imbiri (Persiram) untuk mengisi posisi kosong yang ditinggalkan Cristian Gonzales dkk.

Sementara itu, T.A. Musafri dipanggil Al­fred untuk menggantikan M. Ridwan. Rid­wan mengalami kecelakaan ketika menja­lani latihan rutin bersama Persib, yang mengakibat­kan tangan eks pemain PSIS itu patah.

Sementara itu, Steven, yang baru pertama kali dipanggil menjalani pelatnas tim senior sepanjang kariernya, merasa sangat tersanjung. Striker Persiram itu tidak mempermasalahkan status sebagai pengganti pemain Arema.

“Saya sangat mensyukuri dan senang dengan pemanggilan ini. Meski semula saya tidak masuk dalam daftar pemanggilan dan hanya menggantikan pemain Arema, buat saya pemanggilan hanyalah soal kesempatan,” kata penyerang berusia 26 tahun itu.

Steven mengaku sudah dipantau tim pe­latih timnas senior sejak awal musim ini terma­suk kala Persiram tampil di ajang turna­men pramusim Inter Island Cup.
“Be­berapa kali saya melihat tim pelatih me­non­­ton Persiram bertanding. Dari situ saya mulai mem­buka harapan bisa dipanggil ke pelatnas dan ternyata kesempatan itu datang juga. Semo­ga saya bisa bertahan di timnas,” ujarnya.

Selain Steven, ada pula Asri Akbar, Rizal Ripora, dan Imanuel Padwa yang masih memiliki jam terbang minim di timnas. Rizky tercatat pernah dipanggil di era pelatih Jacksen F. Tiago ketika Indonesia meladeni Liverpool di laga persahabatan. Padwa pernah dipanggil Alfred untuk seleksi Piala AFF 2010.

Daftar Pemain
* Kiper: I Made Wirawan (Persib), Dian Agus Prasetyo (Mitra Kukar), Choirul Huda (Persela)
* Bek: Zulkifli Syukur (Mitra Kukar), Supardi Nasir, Achmad Jufriyanto (Persib), M. Roby (Putra Samarinda), Fachrudin Wahyudi (Persepam MU), Ricardo Salampessy (Persebaya), Rizky Rizal Ripora (Barito Putera), Novan Setya Sasongko (Semen Padang)
* Gelandang: Manahati Lestussen (Persebaya), Asri Akbar (Sriwijaya FC), Hariono, Firman Utina (Persib), Imanuel Padwa (Persiram), Raphael Maitimo, Zulham Zamrun (Mitra Kukar)
* Penyerang: Steven Imbiri (Persiram), Ferdinand Sinaga, Tantan (Persib), Greg Nwokolo (Persebaya), T.A. Musafri (PBR).

Sumber: Harian BOLA (Penulis: Aning Jati)