Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Collina Ingin Aturan Sepak Bola Diperbaiki

By Jaka Sutisna - Sabtu, 26 April 2014 | 02:24 WIB
Pierluigi Collina (Getty Images)

Mantan wasit kawakan Italia, Pierluigi Collina, memiliki ide untuk melakukan sejumlah perubahan dalam aturan sepak bola. Perubahan seperti apa yang Collina inginkan?

Collina melihat masih ada sejumlah celah dalam aturan permainan yang bisa diperbaiki. Utamanya adalah terkait pelanggaran.

Selama ini, pemain yang dilanggar lawan sehingga membutuhkan perawatan medis harus meninggalkan lapangan sejenak. Sedangkan, pemain lawan yang melakukan pelanggaran tetap di lapangan.

Kondisi tersebut membuat tim yang pemainnya butuh perawatan harus bermain dengan 10 orang, sedangkan lawan tetap 11.

Menurut Collina situasi itu tidak adil untuk tim yang harus bermain dengan 10 pemain. Idealnya, Collina meminta pemain yang melakukan pelanggaran juga harus keluar bersamaan dengan pemain yang dilanggar.

"Masih ada beberapa celah. Seperti kasus di mana seorang pemain melakukan pelanggaran sehingga membuat pemain lawan harus meninggalkan lapangan untuk perawatan," ujar Collina.

"Segera setelah pemain yang dilanggar tersebut meninggalkan lapangan, permainan kembali dimulai dan tim yang pemainnya melakukan pelanggaran memiliki keunggulan jumlah pemain. Itu tidak adil," tutur Collina.

"Akan lebih masuk akal jika mengubah aturan bahwa pemain yang melakukan pelanggaran harus meninggalkan lapangan juga. Pemain yang melakukan pelanggaran itu baru boleh masuk lapangan lagi setelah pemain yang dilanggar selesai melakukan perawatan. Mereka akan masuk lapangan secara bersamaan," ungkap Collina.