Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

4 Fakta Menarik Tentang Lionel Messi

By Suryo Wahono - Rabu, 30 April 2014 | 18:11 WIB
Lionel Messi, dipaksa memasak setelah kalah taruhan. (Instagram)

Fakta tentang Lionel Messi, walau serahasia apapun, mungkin tak akan lama bisa disimpan. Salah satu fenomena sepak bola masa kini tersebut sudah begitu sering menjadi bahan pemberitaan. Namun, mungkin ada beberapa fakta yang belum banyak diketahui publik. Berikut ini ada 4 fakta menarik tentang Lionel Messi.

1. Bulan ulang tahun dan kota kelahiran Messi sama dengan Che Guevara

Lionel Messi dan tokok Marxis revolusioner Che Guevara memiliki sejumlah kesamaan. Dua di antaranya, mereka lahir di kota yang sama yakni Rosario, kota terbesar di provinsi Santa Fe, sementara bulan ulang tahun mereka juga, yaitu bulan Juni.

"Saya pergi ke berbgai tempat dan menemukan kemeja Argentina dengan nama saya di atasnya dan itu sangat keren. Saya senang ketika melihat bendera Che Guevara dan Diego [Maradona] di mana saja di dunia, saya punya rasa yang kuat soal itu," kata Messi dua tahun yang lalu.

2. Kontrak profesional pertamanya ditulis di atas sepotong serbet makan

Pada 14 Desember 2000, direktur olah raga Barcelona, Carles Rexach, mengadakan pertemuan dengan Jorge, ayah Lionel Messi (13) untuk menentukan masa depan si anak ajaib. Uniknya, kontrak ditandatangani pada sebuah serbet makan. Siapa yang tahu serbet ini akan berubah menjadi salah satu dokumen olah raga terpenting dalam sejarah?

3. Barcelona bayar tagihan rumah sakit Lionel Messi

Lionel Messi sejak lama didiagnosis punya kelainan pertumbuhan hormon yang disebut Growth Hormone Deficiency (GHD) pada usia 11 tahun. Ongkos perawatan per bulan sekitar sembilan juta rupiah, sementara keluarga Messi secara finansial tidak mampu membiayai sendiri. Barcelona kemudian melakukan intervensi. Dengan potensi Messi, tak lama kemudian dia dipanggil untuk menjalani tes di klub. Barcelona lalu menawarkan diri untuk membayar tagihan medis tersebut dengan syarat Messi pindah ke Spanyol.

4. Messi doyan makan enak dan masak

Hidangan favorit Messi adalah Milanesa Napolitana, yaitu salah satu makanan favorit di Argentina. Hidangan yang dibuat dengan berbagai bahan seperti daging ham, garam, oregano, daging sapi goreng, tomat cincang, bawang, keju, dan gula. Itu bukan tergolong makanan sehat bila dikonsumsi terlalu sering. Ketika masih dikomandoi Pep Guardiola, cinta berlebihan Messi terhadap makanan menimbulkan masalah tersendiri. Messi pernah dijuluki pers sebagai "bintang porselen" karena mengalami beberapa cedera terkait gaya hidup yang tidak sehat.

Sebuah kejadian lucu di markas Barcelona, yaitu ketika Guardiola terpaksa menghilangkan fasilitas mesin Coca-Cola dari pusat latihan tim hanya untuk mencegah Messi mengonsumsinya secara berlebihan.

Tapi, Messi ternyata juga jago masak, seperti yang ditunjukkan baru-baru ini di akun instagramnya.