Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Serba-Serbi Sepak Bola: Sintetis di Stadion Persib

By Eko Widodo - Jumat, 18 April 2014 | 07:50 WIB
(nunk)

Kondisi lapangan  Stadion Persib saat ini sudah mulai rusak lagi. Selain bergelombang,  beberapa bagian lapangan juga sudah terlihat  gundul. Padahal, stadion milik Pemkot Bandung ini baru dibenahi  akhir tahun lalu.

Sejak direnovasi besar-besaran beberapa tahun lalu, Stadion Persib sudah beberapa kali  tersentuh  pembenahan. Namun, kondisinya cepat mengalami kerusakan. Tak heran jika Dinas Pemuda dan Olah Raga Kota Bandung mencari alternatif lain agar lapangan lebih awet.

Mengganti rumput lapangan dengan  rumput sintetis rupanya menjadi solusi yang diambil Dinas Pemuda dan Olah Raga Kota Bandung. Hal itu rencananya akan dilakukan tahun depan.

“Pemeliharaan rumput yang dilakukan saat ini menelan biaya yang cukup besar.Untuk penghematan anggaran, maka rumputnya diganti dengan rumput sintetis,” ujar Asep Tjutju Cahyadi, Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Kota Bandung.

Ia mengaku pemasangan rumput sintetis akan menghabiskan dana besar. Namun, ke depannya, biaya perawatan rumput sintetis relatif lebih kecil dibanding rumput biasa.

“Biaya untuk rumput sintetis maksimal mencapai Rp10 miliar, tapi bisa tahan enam sampai 10 tahun dengan biaya pemeliharaan yang murah. Kami akan mencari bantuan dana. Kemenpora sudah mau membantu. Hanya kami harus presentasi dulu,” tuturnya.

Sumber: Harian BOLA [Penulis: Budi Kresnadi]