Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

David Moyes Lebih Hebat Ketimbang Sir Alex

By Kamis, 24 April 2014 | 22:43 WIB
David Moyes, kariernya di United hanya seumur jagung. (Alex Livesey/Getty Images)

Karier David Moyes bersama Manchester United berakhir prematur. Meski dikontrak selama enam tahun, keberadaan Moyes di Old Trafford nyatanya hanya berumur 10 bulan.

Moyes dipecat usai dicap gagal dalam menghadirkan stabilitas performa maupun hasil bagi United. Di era Moyes, United mencatat perolehan poin terendah di sepanjang partisipasi mereka di EPL. Setan Merah juga sudah dipastikan gagal lolos ke Liga Champion untuk pertama kalinya sejak 1995.

Namun, jika hanya memakai parameter 50 laga awal bersama tim, siapa sangka torehan Moyes justru melampaui para manajer legendaris di kompetisi tanah Inggris seperti Arsene Wenger (Arsenal/1996), Brian Clough (Nottingham Forrest/1975), Bill Shankly (Liverpool/1959), dan Sir Alex Ferguson (Man. United/1986)!

Catatan Moyes dalam 50 laga perdananya bersama United adalah 27 kemenangan, 9 imbang, dan 14 kekalahan. Statistik tersebut didapatkan dari seluruh partai di semua ajang tanpa menghitung hasil setelah perpanjangan waktu. Artinya, Moyes sanggup mengumpulkan 90 poin, lebih banyak dari Wenger (84), Clough (87), Shankly (89), dan Sir Alex (84).