Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ferguson Kecewa Penanganan Kasus Moyes

By Eko Widodo - Minggu, 27 April 2014 | 12:01 WIB
Sir Alex Ferguson, tak puas Moyes dipecat. (Getty Images)

Setelah tak terdengar suaranya selama tiga hari terakhir, Sir Alex Ferguson akhirnya ber­komentar soal pemecatan penggantinya di Manchester United, David Moyes. Lelaki Skotlandia itu mengaku tak puas dengan cara United menangani persoalan Moyes.

Moyes dipecat Setan Merah pada Selasa (22/4). Namun, kabar pemutusan hubungan kerja itu sudah beredar sehari sebelumnya. Kabarnya, man­tan pelatih Everton itu merasa geram karena ia sudah menjadi sumber spekulasi sebelum ada perka­taan apa pun dari pihak klub.

Ferguson, yang memiliki andil dalam memilih Moyes, mengakui salah besar jika berita sudah bocor sebelum nasib Moyes ditentukan oleh ketua eksekutif klub, Edward Woodward. “Sungguh mengecewakan cara berita itu tersebar,” tutur Ferguson seperti dikutip Sky Sports.

Sementara itu, pihak Setan Merah sepakat untuk memberikan pesangon kepada David Moyes. Namun, pihak klub tidak merinci berapa jumlah yang akan dibayarkan pada Moyes, seusai memecatnya kurang dari setahun dari rencana kontrak semula selama enam tahun.

“Asosiasi Manajer Liga dan Manchester United mengonfirmasi bahwa urusan pesangon sudah disepakati antara pihak klub dan David Moyes berkaitan dengan pemutusan hubungan kerjanya,” begitu pernyataan dari pihak League Managers’ Association (LMA).

“Urusan pesangon kini tengah diproses dan tak ada komentar lebih lanjut mengenai hal ini,” lanjut pernyataan tersebut.

Sebelumnya, pihak LMA juga menyatakan ketidakpuasan atas cara United menangani masalah Moyes yang dinilai tidak profesional, seperti yang diakui ketua­nya, Richard Bevan.

Namun, pihak klub langsung membantah tuduhan tersebut. “Kami tidak terima jika pemecatan ini diang­gap tidak dengan cara profesional,” jelas juru bicara klub.

Pemain senior Uni­ted, Ryan Giggs, ditunjuk menjadi pelatih semen­tara dan akan memulai tugasnya ketika Setan Merah menghadapi Norwich, Sabtu (26/4), yang dimenangi United 4-0.

Sumber: Harian BOLA (Penulis: Rahayu Widiarti)