Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Red Bull Kembali Lontarkan Kritik Untuk Pirelli

By Tulus Muliawan - Rabu, 23 April 2014 | 02:15 WIB
Duo Red Bull, kesulitan bersinar di awal musim. (Crash.net)

Juara dunia bertahan Red Bull kesulitan menampilkan performa terbaik di awal musim ini. Mereka hanya mampu membuntuti Mercedes di posisi lima besar pada empat seri perdana musim ini.

Menurut chairman Christian Horner, salah satu penyebab kesulitan Sebastian Vettel dan Daniel Ricciardo memberikan persaingan terhadap Mercedes adalah karena masalah ban. Hasil yang dicatatkan Red Bull di empat seri perdana menjadi salah satu buktinya.

Horner menilai kegagalan Vettel melebihi Ricciardo di beberapa seri menunjukkan bahwa juara dunia empat kali itu merasa tidak nyaman dengan mobil RB10, terutama dengan ban Pirelli.

"Sebastian sedang mengalami masa sulit di awal musim ini karena dia belum menemukan feeling yang pas dengan mobilnya. Dia sangat sensitif jika belum menemukan apa yang dia inginkan dengan mobilnya. Pengaruh dari kompon ban membuatnya semakin kesulitan," kata Horner.

"Ban yang diberikan Pirelli tahun ini sangat tidak biasa. Itu sangat menyulitkannya untuk melesat lebih cepat dari biasanya. Mungkin ini adalah puncak dari masalah utamanya, tapi saya yaklin dia mampu segera bangkit," ucap Horner.

Hingga seri keempat, Red Bull menempatkan Sebastian Vettel di posisi lima klasemen pebalap dengan 33 poin. Daniel Ricciardo ada di posisi enam dengan torehan 24 poin.