Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ajax Dilumat PEC Zwolle di Final Piala Belanda

By Beri Bagja - Senin, 21 April 2014 | 22:19 WIB
Zwolle, gelar bergengsi perdana. (nrc.nl)

5!

Bagi Zwolle, trofi KNVB Beker alias Piala Belanda musim ini merupakan gelar bergengsi perdana sepanjang sejarah klub tersebut sejak berdiri 103 tahun silam! 
Di liga, Zwolle juga tergolong tim semenjana karena baru kembali naik kasta ke Eredivisie pada 2012/13.

Bagi Zwolle, trofi KNVB Beker alias Piala Belanda musim ini merupakan gelar bergengsi perdana sepanjang sejarah klub tersebut sejak berdiri 103 tahun silam! Di liga, Zwolle juga tergolong tim semenjana karena baru kembali naik kasta ke Eredivisie pada 2012/13.

Di lain pihak, Ajax punya 18 gelar Piala Belanda di lemari trofi. Namun, skuat racikan Frank de Boer gagal menambah koleksi titel ke-19 karena kalah secara tragis.

Ajax memulai start secara baik dan langsung unggul cepat berkat gol sepakan jarak jauh bek Ricardo van Rhijn (menit ke-3). Beberapa saat setelah gol Van Rhijn, laga dihentikan karena muncul insiden pelemparan petasan ke lapangan yang dilakukan pendukung Ajax. Duel ditunda selama hampir setengah jam karena asap membuat lapangan De Kuip seperti terbakar hebat.

Insiden tersebut justru menjadi titik balik laga. Fokus Ajax terganggu, sedangkan sang rival sanggup mengumpulkan motivasi. Zwolle pun berbalik unggul masif 5-1 berkat dwigol dari Ryan Thomas dan Guyon Fernandez di babak I serta Bram van Polen pascajeda.

“Pendukung telah merusak citra Ajax akibat insiden memalukan ini. Anda unggul cepat lalu laga ditunda dan hal itu tak bagus untuk tim. Kami kemudiam melakukan kesalahan bodoh dan buruk dalam bertahan,” ujar De Boer di Ajaxshowtime.