Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Gagal ke Play-off,Rick Adelman Memutuskan Pensiun

By Eko Widodo - Selasa, 22 April 2014 | 01:34 WIB
Rick Adelman, mengakhiri musim kepelatihan dengan memutuskan pensiun. (Getty Images)

off. Adelman menyatakan mundur, Senin (21/4).

Karier Adelman sebagai pelatih di NBA sudah berlangsung selama 23 musim. Meskipun pensiun, Adelman tetap bertahan di Minnesota sebagai konsultan.

"Rick Adelman menyatakan kembali ke kota Portland dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Cucucucunya membuat sibuk," demikian bunyi twitt dari Humas Timberwolves seperti dikutip ESPN.

Adelman mencatat rekor 1042 kemenangan sepanjang karier sebagai pelatih NBA. Angka itu berada di peringkat kedelapan. Ia melatih di Portland, Sacramento, Golden State, dan Houston. Ia bergabung dengan Minnesota sejak 2011.

"Sekaranglah kesempatan emas untuk berhenti dari bola basket. Ketika hadir di sini, saya ingin memberikan sesuatu untuk para talenta muda Timberwolves. Namun dalam perjalanan, ternyata tak semudah yang saya katakan," kata Adelman.

"Saya menikmati hari hari melatih di Timberwolves. Terima kasih saya ucapkan kepada pemilik tim ini, Glen Taylor. Ia tidak saja sebagai pemilik namun adalah personal yang mengetahui dan memahami segalanya. Saya dan istri akan memulai kehidupan lain dengan frase yang lain pula."

Pensiunnya Adelman membuat Minnesota mencari kandidat pelatih baru. Pelatih Iowa State, Fred Hoiberg dan pelatih Michigan State, adalah calon pengganti Adelman. Hoiberg dan Izzo dikenal dekat dengan presiden Minnesota, Flip Saunders.

Pelatih lain yang dipandang pantas mengisi kekosongan adalah Billy Donovan, pelatih Florida Gators. "Atas nama tim, saya berterima kasih atas kontribusinya untuk tim ini," kata Taylor.