Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Tiga Kandidat Pengganti David Moyes

By Wisnu Nova Wistowo - Selasa, 22 April 2014 | 15:38 WIB
Jurgen Klopp (Getty Images)

David Moyes resmi dipecat sebagai manajer Manchester United, Selasa (22/4). Setelah pemecatan tersebut muncul tiga nama yang berpotensi menjadi penggantinya, yakni Jurgen Klopp, Louis van Gaal, dan Diego Simeone.

Jurgen Klopp punya prestasi yang mentereng bersama Borussia Dortmund. Ia sudah memberikan dua gelar Bundesliga untuk Dortmund dan berhasil mencapai final Liga Champion musim lalu. Di bawah besutannya, Dortmund memainkan permainan tempo cepat dan sepak bola atraktif dan bukan sesuatu yang baru Klopp dikaitkan dengan Man. United.

Pelatih Louis van Gaal saat ini berstatus sebagai arsitek tim nasional Belanda dan ia sangat mungkin kembali menangani klub setelah Piala Dunia 2014. Van Gaal adalah pelatih yang pernah mengecap sukses bersama Barcelona, Ajax Amsterdam, dan Bayern Muenchen.

Sementara itu, Diego Simeone tengah menyedot banyak perhatian setelah berhasil membuat Atletico Madrid sebagai salah satu klub paling diperhitungkan musim ini. Simeone sudah berhasil mengantarkan Atletico sampai di semifinal Liga Champion dengan menyingkirkan Barcelona dan berpeluang besar memenangi gelar La Liga musim ini.

Kekalahan 0-2 dari Everton menjadi pertandingan terakhir David Moyes bersama Manchester United. Padahal manajer berusia 50 tahun ini menjadi pelatih Setan Merah berdasarkan masukan dari Sir Alex Ferguson yang sudah memilih pensiun setelah 26 tahun menjadi manajer di Old Trafford.

David Moyes bahkan belum genap satu tahun membesut The Red Devils. Sementara itu, ikatan kontraknya pada awal musim 2013/14 berdurasi enam tahun.