Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Hatem Ben Arfa Masuk Daftar Jual

By Dwi Widijatmiko - Rabu, 9 April 2014 | 19:33 WIB
Hatem Ben Arfa, jarang bermain musim ini. (Serena Taylor/Getty Images)

hari terakhirnya memperkuat Newcastle United. Media Inggris dan Prancis mengabarkan Ben Arfa masuk daftar pemain yang akan dijual Newcastle selepas musim 2013/14.

Menurut The Sun, Newcastle akan melego sejumlah pemain Prancisnya menyusul performa buruk musim ini. Ben Arfa masuk daftar jual untuk musim panas mendatang bersama setidaknya Sylvain Marveaux dan Gabriel Obertan.

Koran Prancis, L'Equipe, memberitakan alasan utama penjualan Ben Arfa adalah karena dia berselisih dengan Manajer Alan Pardew. Musim ini Pardew memang tidak menganggap Ben Arfa sebagai pemain penting lagi timnya.

Sepanjang musim ini, Ben Arfa sudah tampil 26 kali di liga. Akan tetapi, separuh di antaranya sebagai pemain pengganti. Pada dua musim sebelumnya, Ben Arfa lebih sering menjadi starter.

Pardew kecewa karena Ben Arfa gagal menggantikan peran Yohan Cabaye, yang pindah ke Paris SG pada bursa transfer Januari lalu. Sejak Cabaye pergi, Newcastle mengalami penurunan performa yang drastis dibandingkan pada awal musim. Newcastle sempat berada di Zona Eropa, tapi kini terlempar ke posisi ke-9 Premier League.

Menurut Pardew, bukan hanya dirinya yang kecewa terhadap performa Ben Arfa. Pemain Newcastle yang lain juga merasa Ben Arfa tidak berkontribusi maksimal buat tim.

"Jika dia ingin bermain reguler, Hatem harus mendapatkan kepercayaan. Bukan hanya dari saya, tapi juga rekan setim. Dalam beberapa pertandingan terakhir, dia bermain jauh di bawah standar. Kepercayaan dirinya rendah dan kebugarannya juga mengecewakan," ungkap Pardew kepada The Guardian.