Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Timnas Senior: Kerangka Tim, Selangkah Lebih Dekat

By Editor Eko Widodo - Selasa, 8 April 2014 | 06:40 WIB
Ilustrasi, latihan timnas senior. (Fernando Randy)

25 pemain yang masuk daftar pemain untuk mengisi kerangka tim inti jelang Piala AFF 2014.

”Perjalanan menuju Piala AFF memang masih panjang, tetapi setidaknya kami sekarang sudah lebih dekat karena pelatnas di Spanyol sifatnya seleksi. Artinya, coach Alfred Riedl sudah punya gambaran lebih matang mengenai siapa saja pemain yang dibutuhkan,” kata pria asal Austria itu.

Asisten pelatih yang bermukim di Bali itu menambahkan banyak hal yang diperoleh pemain selama pemusatan latihan dan uji coba, terutama soal kesempatan menjajal Andorra, Kuba, dan Villarreal B.

“Tiga tim itu cukup berat dan bisa dikatakan sebanding dengan calon lawan yang dihadapi di Piala AFF nanti. Jadi, uji coba itu sangat bermanfaat,” ujarnya.

Secara khusus, materi dari Alfred selama berada di Negeri Matador mengenai kerja sama tim, kekompakan, dan strategi, seluruhnya bisa disampaikan serta diterima dengan baik oleh pemain.

“Suasana di pelatnas menyenangkan, serius namun santai. Secara personal saya mendapat banyak pengalaman, seperti bagaimana harus menjaga pemain lawan yang kualitasnya di atas kami. Sebelum pelatnas diakhiri dan kami kembali ke Indonesia, coach Alfred hanya meminta kami untuk menjaga kondisi fisik di klub masing-masing,” ujar Novan Setya Sasongko, bek kiri asal Semen Padang.

Sumber: Harian BOLA; Penulis: Aning Jati