Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Maju Sehari untuk Antisipasi Kampanye Pilpres

By Editor Eko Widodo - Kamis, 3 April 2014 | 15:36 WIB
Ilustrasi, grand final NBL dimajukan sehari. (Fernando Randy)

2014 Championship Series di GOR UNY, Yogyakarta, akan digelar satu hari lebih awal. Babak perebutan gelar juara yang semula Sabtu (7/6) sampai Minggu (15/6), berubah menjadi 6-14 Juni.

Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi agar tidak terjadi pembatalan kegiatan lagi seperti pada seri keempat di Bandung. Minggu (15/6) bertepatan dengan dimulainya masa kampanye Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014. PT DBL Indonesia selaku penyelenggara liga telah berkoordinasi dengan pihak Kepolisian Daerah (Polda) DI Yogyakarta.

Semua kegiatan melibatkan masyarakat umum pada hari Minggu (15/6), tak akan mendapatkan izin. Kebijakan membatasi rekomendasi atau surat izin keramaian ini berlaku secara nasional. Mulai masa kampanye, minggu tenang, hingga penghitungan suara.

Sebagai dampak dari kondisi tersebut, untuk pertama kali sejak era NBL Indonesia bergulir, pelaksanaan Championship Series akan start pada hari Jumat. Sedangkan malam puncaknya (grand final), berlangsung pada hari Sabtu.

”Setelah seri Bandung tergeser sehari akibat kampanye Pemilu, kami pun mengevaluasi jadwal yang tersisa. Walau jadwal ini sudah kami siapkan sejak tahun lalu, pada akhirnya kami harus mengantisipasi agar tidak ada lagi pembatalan atau pergeseran. Championship Series pun harus bergeser sehari,” kata Azrul Ananda, Direktur PT DBL Indonesia, commissioner NBL dan WNBL Indonesia.

Sumber: Mingguan BOLA, 3-9 April; Penulis: Eko Widodo