Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Maldonado Kena Penalti Lima Grid di Tiongkok

By Oka Akhsan M. - Senin, 7 April 2014 | 01:13 WIB
Pastor Maldonado (Mark Thompson/Getty Images)

Pebalap Lotus, Pastor Maldonado, mendapat hukuman penalti mundur lima grid di Tiongkok dan menerima tiga penalti poin di Super Licence (SIM) terkait insiden dengan Esteban Gutierrez (Sauber) di GP Bahrain, Minggu (6/4).

Maldonado menabrak Gutierrez di tikungan pertama lap 41 setelah masuk kembali ke lintasan dari pit lane. Akibatnya, mobil Gutierrez berputar sekali di udara.

Maldonado bisa melanjutkan balapan, namun Gutierrez harus mengakhiri lomba lebih awal. Beruntung pebalap asal Meksiko itu tak mengalami cedera serius.

Seperti dilansir situs resmi Formula 1, pengawas lomba memutuskan Maldonado bersalah. Selain mundur lima posisi di balapan berikut dan mendapat penalti poin, Maldonado juga dihukum penalti stop-go selama 10 detik.

Pebalap Marussia, Jules Bianchi, juga dianggap bersalah terkait senggolan dengan rekan setim Gutierrez, Adrian Sutil, yang menyebabkan mobil pebalap asal Jerman itu rusak parah dan terpaksa mundur dari balapan.

Bianchi mendapat dua penalti poin ditambah drive-through penalty saat lomba. Pebalap asal Prancis itu kini sudah mengoleksi empat poin penalti di Super Licence. Jika mendapat 12 poin penalti lagi, maka ia akan mendapat sanksi larangan berlomba satu kali.