Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Cardiff Favorit Jaga Tradisi Terdegradasi Lagi

By Rizki Indra Sofa - Senin, 7 April 2014 | 22:25 WIB
Ole Gunnar Solskjaer (Getty Images)

Satu tim Championship Division sudah dipastikan meraih tiket promosi ke EPL musim depan: Leicester City. Perolehan poin tim di posisi teratas klasemen itu (86 angka) tak akan terkejar lagi oleh klub di peringkat tiga. Dua tim teratas Championship memang otomatis meraih tiket.

Situasi ini membuat alarm berdering kencang buat tim-tim di zona merah EPL. Siapa klub yang akan digantikan oleh Leicester dan dua kandidat promosi lain?

Sejarah mengatakan bahwa dari 21 edisi EPL terkini, hanya dua kali terjadi tiga tim promosi selamat bersamaan di akhir musim, yakni pada 2001/02 ketika Fulham, Blackburn Rovers, dan Bolton selamat. 

Yang kedua terjadi dua musim silam tatkala Norwich, Swansea, dan Queens Park Rangers, juga tak kembali terdegradasi. Dalam sisa 19 musim lainnya, selalu ada tradisi minimal satu klub promosi yang kembali terjun bebas. 

Bahkan, pada musim 1997/98, ada tiga klub promosi yang terdemosi ke kompetisi kasta kedua lagi secara bersamaan: Bolton, Barnsley, dan Crystal Palace!

Musim ini ketiga tim promosi adalah Cardiff City, Palace, dan Hull City. Hull mulai menjauh terutama setelah meraih tiga angka dari Swansea pada akhir pekan lalu.

Pada saat yang sama Cardiff bertarung kontra Palace di laga vital untuk menjauhi zona merah. Palace menang telak 3-0 sekaligus meninggalkan Cardiff di posisi kedua terbawah klasemen. 

Cardiff cuma meraih 26 poin dari 33 laga atau hanya unggul satu angka dari Sunderland. Hanya, Sunderland baru tampil 30 kali. Otomatis kans Sunderland bertahan di EPL tampak lebih baik ketimbang Cardiff.

“Butuh keajaiban agar bisa tetap bertahan. Kami akan tetap gigih bertarung meski pada akhirnya harus terdegra-dasi,” kata bos Cardiff, Ole Gunnar Solskjaer, di Sky Sports.