Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Skuat Atletico Madrid Kelelahan Jelang Lawan Barca

By Rizki Indra Sofa - Rabu, 9 April 2014 | 21:40 WIB
Thibaut Courtois (kiri) (Getty Images)

Atletico Madrid dan Barcelona adalah dua klub yang paling sibuk di Spanyol. Keduanya sudah tampil 51 kali musim ini dengan perincian yang sama persis: 32 laga di La Liga, sembilan partai di Liga Champion, delapan duel di Copa del Rey, dan sepasang pertandingan di Piala Super Spanyol pada awal musim.

Jumlah laga boleh saja sama, tapi level kelelahannya berbeda. Atletico tidak mempunyai skuat segemuk El Barca. Pelatih Los Colchoneros, Diego Simeone, tak bisa terlalu sering merotasi skuat. 

Kiper Atletico pinjaman dari Chelsea, Thibaut Courtois, ialah salah satu yang mengakui skuat Atleti kelelahan. Kendati begitu, ia juga yakin Los Colchoneros masih punya cukup bahan bakar untuk menyelesaikan musim secara brilian.

“Walaupun kami semuanya merasa lelah, saya pikir kami tak kehabisan bensin. Mulai saat ini semua paham situasinya bakal menyulitkan karena kami juga masuk fase akhir di La Liga dan Liga Champion,” ucap kiper asal Belgia berusia 21 tahun itu di Marca.

“Semua selalu bertanya soal itu, tetapi secara fisik saya lihat para pemain baik-baik saja dan mentalitas ini yang akan kami bawa sampai akhir. Kami tetap akan bekerja keras karena Barca tim yang sangat kuat,” kata bek tengah Atletico, Miranda.

Kelelahan yang dialami para pemain Atletico bukan tanpa sebab. Para personel inti mereka kerap tak tergantikan sehingga beberapa nama mengantungi menit tampil sangat masif.

Total tujuh personel Atleti masuk daftar 10 pemain dengan menit tampil terbanyak di sepak bola Spanyol! Courtois, yang sudah bermain 46 kali di semua ajang musim ini, berada di pos teratas dengan 4.140 menit. 

Di posisi kedua sampai pos keenam dihuni Gabi Fernandez (4.111 menit), Juanfran (4.095), serta Godin, Miranda, dan Koke (3.780). Bahkan, nama Diego Costa ada di posisi ke-10 dengan total 3.600 menit.

Sebagai komparasi, tak ada satu pun pemain Barcelona yang mengisi posisi 10 besar. Tiga punggawa sisanya dihuni Pepe dan Cristiano Ronaldo (Real Madrid) serta Inigo Martinez (Real Sociedad).