Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Wasit FIBA: Indonesia Miliki Wasit FIBA Wanita

By Editor Eko Widodo - Selasa, 1 April 2014 | 06:20 WIB
Yuli Wulandari, wasit FIBA perempuan pertama Indonesia. (Hendra Eka/NBL Indonesia)

Indonesia akhirnya memiliki wasit FIBA untuk kategori wanita. Dalam daftar yang diedarkan FIBA di situs resmi mereka, Yuli Wullandari sudah mendapatkan lisensi FIBA dengan nomor 28488.

Dalam daftar itu, ada 8 wasit berlisensi FIBA milik Indonesia. Wasit senior yang masih involved di FIBA adalah Harja Jaladri, Haryanto Sutaryo, Budi Marfan, dan Herman. Sedangkan wasit FIBA yang masih relatif baru adalah Rendra Lesmana, Johan Christiana, Erwin Harahap, dan Yuli Wulandari.

"PP Perbasi selalu berusaha menambahkan jumlah wasit berlisensi FIBA. Namun tak mudah, sebab sekarang banyak sekali parameter yang harus dipenuhi," ucap Agus Mauro, Sekjen PP Perbasi.

Menurut wasit FIBA senior, Harja Jaladri, menjadi wasit FIBA tidak bisa setengah-setengah. "Tidak bisa lagi setengah-setengah. Harus total dan selalu update pemahaman pertandingan. Kemampuan berbahasa Inggris juga harus bagus sekarang," kata Harja, kepada BOLA di Yogyakarta beberapa waktu lalu.

Harja adalah salah satu wasit terbaik yang dimiliki Indonesia. Ia memimpin pertandingan di final FIBA Asia 2013 di Manila, Filipina. Menurut Agus Mauro, Harja dinominasikan menjadi wasit netral pada kejuaraan dunia 2014 di Spanyol nanti.