Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Andrew Wiggins Putuskan Tinggalkan Kansas

By Editor Eko Widodo - Selasa, 1 April 2014 | 05:38 WIB
Andrew Wiggins, melompat dari Kansas ke NBA. (Getty Images)

Pemain tahun pertama (freshman) Kansas Jayhawks, Andrew Wiggins, memutuskan meninggalkan NCAA dan akan mengikuti NBA Draft 2014. Wiggins masuk NBA setelah bermain di Jayhawks semusim saja.

Wiggins, 203 cm, adalah forward potensial. Ia masuk All-American 2nd Team. Ia diprediksi menjadi 3 besar pada NBA Draft, Juni nanti.

"Ini bukan keputusan yang mudah. Banyak penggemar yang mencintai saya tetap bertahan di Jayhawks," kata Wiggins, dalam jumpa pers, Selasa (1/4) di Allen Fieldhouse, Lawrence, Kansas.

"Saya selalu berharap punya waktu. Pertandingan di universitas berjalan cepat.  Saya akan melihat nantinya alasan mereka-mereka yang bertahan selama empat tahun di bola basket kampus," kata Wiggins.

Wiggins memang rekrutan papan atas di Kansas. Ia diharapkan bisa melambungkan kembali kebesaran Jayhawks. Namun, saat Kansas kalah dari Stanford di turnamen NCAA, ia hanya membuat empat angka.

Wiggins mengumumkan akan bermain di pro di depan pelatih Kansas Bill Self, ayahnya (Mitchell Wiggins) yang pernah bermain di NBA, sang ibu Marita Payne Wiggins  peraih perak Olimpiade. Dua teman Wiggins, Wayne Selden Jr. dan Joel Embiid juga hadir.

Selden sudah memutuskan bermain membela Kansas, sedangkan Embiid belum membuat keputusan. Embiid diprediksi masuk 5 besar NBA Draft jika ia melakukannya.

Wiggins, pemain asal Kanada ini, memiliki rataan 17,1 angka 6 rebound di Big 12.