Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

M. Junda Irawan: Indonesia Kedua di Brisbane Roar

By Editor Eko Widodo - Senin, 7 April 2014 | 16:29 WIB
M. Junda Irawan (kanan) ke Brisbane. (Villa 2000)

Satu lagi pesepak bola muda Indonesia yang meniti karier di luar negeri. Terbaru, Mochamad Junda Irawan (17) menyusul jejak Yandi Sofyan Munawar bergabung bersama Brisbane Roar yang berkompetisi di Australia.

Junda, sebelum resmi dikontrak tim Brisbane Roar Youth, merupakan pemain yang dibesarkan Villa 2000. Sejak berusia 14 tahun, bek kiri asal SSB Kaki Mas, Dampit, Malang, berada dalam pembinaan sekolah sepak bola yang berdiri pada Oktober 2003 itu.

Junda terbang ke Brisbane pada Sabtu (5/4). Sebelum berangkat ke Negeri Kanguru, ia tak lupa memohon doa restu dan dukungan dari seluruh masyarakat Indonesia. “Doakan saya agar bisa eksis di Australia,” ujarnya.

Perjuangan Junda menembus Brisbane tidak mudah. Namun, Junda bisa melakukan berkat potensi yang dimilikinya. Selama ini Junda dikenal mantan-mantan pelatih di Villa 2000 sebagai sosok pemain muda yang tekun dan ulet berlatih. Sifat keras kepalanya justru disebut para pelatih sebagai salah satu hal yang membuatnya bisa menjadi seperti dirinya sekarang.

“Sifat itu membuatnya semakin berkembang. Padahal di masa awal bergabung bersama kami, ia cenderung anak yang mudah gugup,” kata Taul, pelatih Villa 2000.

Catatan prestasi pemain seangkatan Gavin Kwan Adsit, yang kini bergabung bersama klub Niendorfer (Jerman), dan Saipulloh (Persija U-21) itu cukup beragam.

Sumber: Harian BOLA; Penulis: Aning Jati