Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Anelka Putuskan Kontrak dengan West Brom

By Suryo Wahono - Sabtu, 15 Maret 2014 | 01:33 WIB
Nicolas Anelka, membantah gesturnya bermaksud rasis. (Ian Kington/AFP/Getty Images)

Nicolas Anelka mengumumkan di akun Twitter miliknya bahwa dia telah mengakhiri kontrak dengan West Bromwich Albion dan berlaku secepatnya. Mantan striker Arsenal itu sempat mendapat skorsing lima pertandingan awal bulan ini.

"Menyusul diskusi antara klub dan saya, proposal (kontrak) telah diajukan agar saya menetap dengan kondisi tertentu yang tidak bisa saya terima. Untuk menjaga integritas, saya memutuskan untuk membebaskan diri dan mengakhiri kontrak dengan West Bromwich Albion hingga 2014," tweet dia seperti yang dikutip The Guardian.

Pihak klub belum memberi komentar soal pengumuman Anelka. Pemain asal Prancis tersebut diskors oleh West Brom sendiri setelah hukuman dan denda 80 ribu pound. Sejak saat itu memang Anelka tampak tak bakal bertahan lama di West Brom.

Soal skors yang diterimanya, Anelka telah melakukan gestur Quelle (satu tangan memegang pundak, sementara satunya lurus ke bawah) yang diasosiasikan sebagai "salam Nazi terbalik" dan berkonotasi anti Yahudi.

Gestur itu sendiri masih menjadi kontroversi dan perdebatan sengit di Prancis, yang kabarnya dipopulerkan oleh Dieudonné M'bala M'Bala, seorang komedian dan aktivis politik yang dituduh antisemit dan sampai dilarang masuk ke Inggris.

Menurut Anelka, dia membuat gerakan itu sebenarnya untuk menunjukkan persahabatannya dengan sang komedian.