Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Manchester City Tak Sabar Perluas Stadion

By Editor Eko Widodo - Kamis, 3 April 2014 | 15:17 WIB
Pembangunan di Etihad Stadium untuk naikkan keuntungan. (Getty Images)

Manchester City sudah tak sabar ingin memi­liki stadion baru yang lebih besar dan mam­pu menampung lebih banyak penonton. Prestasi yang terus berkibar membuat makin banyak orang yang ingin menyaksikan The Citi­zens. Stadion Etihad, yang berkapasitas hanya 47.670 penonton, dinilai terlalu kecil.

Izin untuk memperluas stadion sudah dikan­tongi pihak City, Februari lalu. Kapasitas tempat duduk akan ditingkatkan menjadi 62.170.

Rencana­nya, perluasan akan dilakukan di sisi utara dan selatan stadion dan dibagi dalam dua tahap. Untuk urusan pembangunan, mereka menun­­­juk perusahaan konstruksi Laing O’Rourke dan penger­­jaan South Stand akan segera dimulai.

Perluasan tribun selatan akan meningkatkan kapa­sitas stadion menjadi 54 ribu dan siap digu­na­­kan pada musim 2015/16. Imbasnya, pen­ju­al­an tiket akan meningkat. The Citizens bahkan telah mem­perke­nal­kan tiket seharga 299 pound atau sekitar 5,7 juta rupiah semusim.

“Perluasan stadion adalah momen yang signi­fikan buat City. Dengan senang hati kami umum­kan Laing O’Rourke sebagai mitra sebagaimana kami akan memulai proyek bersejarah ini,” kata Tom Glick, Kepala Bagian Komersial City, kepada Sky Sports.

Glick berharap tiket untuk 54 ribu tempat du­duk itu bisa terjual ludes sebelum musim 2015/16 dimulai.

Laing O’Rourke juga menjadi perusa­ha­an yang terlibat pada pemba­ngun­an awal stadion, yang dibangun untuk persiapan Common­wealth Games 2002. Perluasan ini adalah proyek besar kedua City setelah mem­ba­ngun akademi sepak bola dan pusat latihan ber­biaya 200 juta pound atau hampir 4 triliun rupiah dan akan dibuka musim panas ini.

Stadion Etihad awalnya untuk atletik dan mulai digunakan untuk sepak bola sejak 10 Agus­tus 2003. Awalnya stadion ini bernama City of Manchester Stadium dan berganti menjadi Stadion Etihad sejak Juli 2011 karena adanya ikatan dengan sponsor perusahaan penerbangan asal Abu Dhabi itu untuk 10 tahun.

Pembangunan awal stadion ini menelan biaya 112 juta pound. Saat diubah menjadi sta­dion sepak bola, biaya yang dihabis­kan 22 juta pound, dan kemudian 20 juta lagi untuk memenuhi segala kebu­tuhan sebuah stadion sepak bola.

Sumber: Harian BOLA; Penulis: Rahayu Widiarti