Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Rahmad Darmawan: Relatif Bagus Lawan Andorra

By Editor Eko Widodo - Sabtu, 29 Maret 2014 | 15:10 WIB
(nunk)

Kiprah Indonesia di laga uji coba internasional di Spanyol pada masa seleksi dan pemusatan latihan berkesinambungan Piala AFF 2014 tidak lepas dari pengamatan sejumlah pelatih di Tanah Air.  Apa kata Rahmad Darmawan (Pelatih Persebaya) soal laga Tim Garuda melawan Andorra dan uji coba kedua menghadapi Kuba?

“Penampilan Indonesia saat melawan Andorra menurut saya sudah relatif bagus. Kepercayaan diri pemain mulai terbangun, begitu juga fighting spirit yang luar biasa. Saya rasa dengan modal itu, timnas di bawah arahan Alfred Riedl bisa terus mengalami kemajuan.

Terlepas masih ada kelemahan pada pengertian antarpemain, tidak ada yang bisa dijadikan catatan negatif dari penampilan timnas. Secara teknis, permainan bola-bola pendek yang diterapkan pelatih sangat efektif, baik ketika menyerang maupun bertahan.

Kedisiplinan dalam mengorganisasi  saat bertahan menjadi kunci kesuksesan lain Indonesia mengalahkan Andorra. Tanpa organisasi yang baik dari depan, tengah, dan belakang ketika kalah bola, mustahil Indonesia bisa mempertahankan kemenangan hingga menit terakhir.

Penampilan seperti inilah yang harus dipertahankan Indonesia ketika menghadapi Kuba. Soal kekurangan yang ada, sambil berjalan proses untuk menjadi lebih solid dan kompak akan terbentuk.”

SIARAN LANGSUNG
MNC TV
Sabtu, 29 April

Pkl 21.00 WIB

Sumber: Harian BOLA; Penulis: Fahrizal Arnas