Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Laureus Award, Penghargaan Spesial buat Marquez

By Tulus Muliawan - Kamis, 27 Maret 2014 | 20:30 WIB
Marc Marquez, di atas panggung Laureus Award. (Mike Hewitt/Getty Images for Laureus)

Acara Laureus Award 2014 digelar di Kuala Lumpur, Malaysia, Rabu (26/3). Nama pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, terpilih sebagai Laureus World Breakthrough of the Year berkat penampilan mengkilapnya musim lalu.

Seperti diketahui, Marquez berhasil memecahkan sejumlah rekor di pentas MotoGP tahun lalu. Salah satunya dengan menjadi pebalap termuda yang menjadi juara dunia, yaitu di umum 20 tahun, 266 hari.

Marquez juga berhasil menjadi pebalap termuda yang memenangi suatu seri MotoGP, yaitu di Austin pada bulan April 2013 pada usia 20 tahun 63 hari. Catatan itu sekaligus mematahkan rekor  yang sebelumnya dipegang Kenny Roberts sejak 1978.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Akademi Laureus yang telah memberikan saya hadiah. Ini menjadi pengalaman yang sangat spesial buat saya," tutur Marquez di situs resmi MotoGP.

"Saya merasa bangga karena bisa berdiri di sini di usia 20 tahun, bersama para legenda olah raga. Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang telah mendukung saya," ucap Marquez.

Sebastian Vettel dinobatkan sebagai atlet terbaik di ajang Laureus Award tahun ini. Untuk kategori putri, penghargaan diberikan kepada perenang Olimpiade AS, Missy Franklin.