Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

The Next Arjen Robben Milik Ajax

By Riemantono Harsojo - Senin, 10 Maret 2014 | 15:23 WIB
Richairo Zivkovic (kanan), dalam laga bersama FC Groningen melawan Feyenoord pada 9 Maret 2014. (Getty Images)

Richairo Zivkovic yang dijuluki The Next Arjen Robben telah menjadi milik Ajax Amsterdam. Pada Senin (10/3), harian De Telegraaf menulis penyerang tengah berusia 17 tahun yang juga diminati oleh Real Madrid, Barcelona, dan Liverpool itu sudah pasti bermain untuk Ajax pada musim 2014/15.

Ajax mendapatkan Richairo Zivkovic dari FC Groningen dengan nilai transfer sekitar 2,5 juta euro plus 10 persen dari nilai penjualan Richairo Zivkovic kepada klub lain di masa datang. Penyerang yang memiliki darah Curacao dan Serbia itu dikontrak Ajax selama tiga musim.


Richairo Zivkovic disebut The Next Arjen Robben karena memiliki awal karier profesional seperti penyerang Belanda yang kini membela Bayern Munich itu. Pada Agustus 2013, Richairo Zivkovic memecahkan rekor pencetak gol termuda FC Groningen di Eredivisie yang sebelumnya dipegang oleh Arjen Robben.


Pada 3 Agustus 2013 dalam laga melawan NEC, Richairo Zivkovic mencetak gol untuk Groningen pada usia 16 tahun dan 332 hari. Sementara itu, Arjen Robben berusia 17 tahun dan 47 hari kala mencetak gol buat Groningen pada 11 Maret 2001.


Pada Eredivisie atau Liga Belanda musim 2013/14, Richairo Zivkovic telah mencetak lima gol dalam 22 penampilan. Kecepatan, ketajaman, dan kelihaian Richairo Zivkovic dalam memainkan bola telah membuat banyak klub Eropa tertarik padanya. Real Madrid dan Barcelona dikabarkan telah mengirim utusan untuk memantau Richairo Zivkovic. Liverpool juga berminat kepada penyerang berukuran tinggi 186 cm itu. Namun, Ajax telah berhasil mendapatkannya.