Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

10 Klub Paling Untung dari Transfer Pemain (3)

By Wisnu Nova Wistowo - Rabu, 26 Maret 2014 | 23:07 WIB
Zlatan Ibrahimovic (Getty Images)

Sejak musim 2008/09 terjadi perputaran dana yang luar biasa besar di bursa transfer pemain. Selama lima musim ada dana sebesar 12,5 miliar euro atau hampir 200 triliun rupiah yang berputar di bursa transfer dan sebagian besar terjadi di lima liga terbesar di Eropa.

6. Internazionale

 Internazionale menempati posisi keenam sebagai klub yang mendapatkan keuntungan terbesar di bursa transfer sejak musim 2008/09. Total pemasukan yang mereka dapatkan sebesar 224,9 juta euro atau lebih dari 3,5 triliun rupiah.

Dalam periode tersebut Internazionale diketahui mendapatkan keuntungan besar setelah melepas Wesley Sneijder dan Philippe Coutinho. Akan tetapi, keuntungan terbesar saat menjual Zlatan Ibrahimovic ke Barcelona dengan banderol sebesar 69 juta euro termasuk dengan tambahan mendapatkan Samuel Eto'o.

5. AC Milan

AC Milan berada di posisi kelima sebagai klub yang mendapatkan keuntungan tersebar pada bursa transfer sejak musim 2008/09. Total mereka mengeruk pemasukan sebesar 229,5 juta euro atau sekitar 3,6 triliun rupiah.

I Rossoneri mendapatkan kucuran dana besar saat memutuskan melepas Zlatan Ibrahimovic dan Thiago Silva ke Paris Saint Germain. Selain itu, transfer Kaka ke Real Madrid pada 2009 sempat memecahkan rekor transfer dunia.

<<== Sebelumnya          Selanjutnya ==>>