Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

PSMS Lawan Persija Untuk Gareng

By Caesar Sardi - Kamis, 6 Maret 2014 | 17:00 WIB
Soetjipto terbaring di rumah sakit. Ia tetap memiliki semangat baja. (Dok. Mingguan BOLA)

Ini adalah gagasan Ketua Umum Persija Pusat, Todung Barita. Ia akan menyisihkan sebagian hasil pertandingan Persija lawan PSMS di Stadion Utama Senayan, Sabtu besok pukul 16.00 WIB, untuk mantan pemain nasional Soetjipto Soentoro. Mantan kapten kesebelasan nasional itu kini terbaring sakit di RS Pelni, Petamburan, Jakarta Pusat.

"Sangat pantas kalau dunia sepakbola kita memberikan bantuan kepada dia," ucap Max Boboy, Ketua Komisi Pertandingan PSSI.

Bagaimana keadaan Soetjipto sendiri? Ia masuk lagi ke Ruang Wijayakusuma RS Pelni sejak 24 Desember. Penyakitnya ternyata terus bertambah. Setelah kanker hati menyerangnya beberapa tahun terakhir, kini dua kakinya terserang lumpuh pula. Setiap hari ia harus menjalani radiasi di RS Cipto Mangunkusumo.

Namun demikian, mantan bintang yang akrab dipanggil Si Gareng ini mempunyai semangat baja. Dalam kondisi fisik yang lemah seperti itu ia masih bisa berkelakar. Tidak hanya dengan istrinya, Tuty, atau pun kedua anaknya, tapi juga dengan teman-teman dan tamu yang silih berganti menjenguk.

Banyak sekali tamu yang datang untuk menyampaikan simpatinya. Dari para pengurus PSSI yang dipimpin Ketua Umum Azwar Anas, lalu Ketua Umum PDI, Megawati Soekarnoputri, juga mantan Ketua Umum PDI Soeryadi, serta hampir semua mantan pemain nasional dan tokoh-tokoh sepakbola lainnya.

Yang lebih istimewa, Jumat ini Soetjipto akan menyaksikan akad nikah anaknya, Bisma Darma Pria dengan Soviani Medaniaty. Sedangkan resepsi dilakukan 15 Januari di Patra Jasa, Jakarta.

Sementara itu bekas Ketua Umum PSSI Kosasih Purwanegara juga telah lama menderita sakit di rumahnya, Jalan Ciputat Raya 11, Jakarta Selatan. Semoga semuanya cepat sembuh.

(Penulis: Lilianto Apriadi, Mingguan BOLA Edisi No. 515 Minggu Pertama Januari 1994)