Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Tren Manajer Baru Minim Gelar Bergengsi di United

By Editor Eko Widodo - Rabu, 5 Maret 2014 | 19:48 WIB
David Moyes (Getty Images)

Faktanya, tren manajer baru minim gelar bergengsi bukan hal mengherankan di United. Klub ini punya sejarah panjang lebih dari seabad, tapi hanya memiliki total 19 pelatih tetap.

Dari 19 pelatih itu, momen meraih gelar bergengsi terpusat pada dua periode kepelatihan: Sir Matt Busby (1945-69) dan Sir Alex Ferguson (1986-2013).

Selain dua pelatih legendaris itu, tercatat hanya ada tiga nama lain yang mampu memberikan titel mentereng untuk United, yaitu Ernest Mangnall, Tommy Docherty, dan Ron Atkinson.

Total kelimanya merengkuh 20 gelar Divisi I dan EPL, 11 titel Piala FA, 4 Piala Liga, 3 trofi LC, hingga 1 gelar Piala Dunia Klub dan 1 Piala Super Eropa.

Tentu saja ada pelatih lain yang meraih gelar, tapi levelnya sebatas Community Shield atau juara Divisi II. Moyes salah satu yang masuk kategori itu.

Lantas, kenapa Moyes harus diberikan waktu minimal dua tahun? Karena dari lima pelatih peraih titel bergengsi tadi, tidak ada yang sanggup meraihnya pada musim perdana! Situasi ini yang sepertinya akan diikuti Moyes.

Sosok SAF sekali pun butuh waktu tiga tahun buat merebut titel pertamanya. Rekor meraih trofi bergengsi tercepat dimiliki Ron Atkinson (1981-1986), yang meraih titel perdana di tahun kedua menjabat sebagai pelatih Iblis Merah (Piala FA 1983).

Sumber: Harian BOLA; Penulis: Rizki Indra Sofa