Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Diisukan ke Barcelona, Frank De Boer Tetap di Ajax

By Riemantono Harsojo - Kamis, 13 Maret 2014 | 13:03 WIB
Frank de Boer (kanan) saat berduel dengan Tata Martino (kiri) di Amsterdam Arena dalam laga fase grup Liga Champion 2013/14. (John Thys-AFP)

Akhir pekan lalu sempat muncul isu Frank de Boer bakal ke Barcelona untuk menggantikan Tata Martino pada musim depan, namun pelatih Ajax Amsterdam itu menyatakan akan tetap bertahan di klub elite Belanda itu.

Keluarga menjadi salah satu alasan Frank de Boer bertahan di Ajax. "Anak perempuan saya memiliki teman-teman, mereka sedang bersenang-senang. Sekarang bukan waktu yang tepat untuk pergi, mungkin beberapa tahun ke depan ketika ada kesempatan," kata Frank de Boer, seperti dilansir kantor berita ANP pada 12 Maret.


Pihak Ajax juga memastikan Frank de Boer tetap bertahan di Ajax. Pelatih berusia 43 tahun yang sukses membawa Ajax menjuarai tiga edisi terakhir Liga Belanda itu dikontrak sampai tahun 2017.


"Kans dia meninggalkan klub nol persen," kata Marc Overmars, direktur urusan teknik Ajax. "Kepergian Frank tidak ada dalam agenda, semua hanya spekulasi," tuturnya.


Frank de Boer dikaitkan dengan Barcelona karena ia pernah beberapa musim bermain di klub Spanyol itu, selain juga karena kesuksesannya di Ajax. Dua klub Spanyol dan Belanda itu memiliki gaya permainan yang hampir sama, di antaranya tampil menyerang, memanfaatkan lebar lapangan, menggunakan formasi 4-3-3, dan mengutamakan permainan indah. Setelah kalah di Camp Nou, Frank de Boer sukses memimpin timnya mengalahkan Barcelona 2-1 dalam laga kandang di fase grup Liga Champion 2013/14 pada November 2013.