Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Sociedad vs Valencia (2): Inkonsistensi Los Che

By Editor Eko Widodo - Minggu, 16 Maret 2014 | 21:04 WIB
Sociedad vs Valencia (Getty Images)

Peringkat terakhir di zona LC, yang kini dimiliki Bilbao, memang menjadi target maksi­mal Sociedad. Kendati demi­kian, kapten La Real, Xabi Prieto, menegaskan posisi Liga Euro­pa pun sudah pencapaian hebat.

“Balik ke kompetisi antar­klub Eropa dalam dua musim berturutan sudah bagus, apalagi kami juga bertarung di LC edisi terkini dan sampai ke semifinal Copa del Rey,” kata Prieto.

Setidaknya Sociedad masih punya pilihan berjuang ke LC atau finis di zona LE. Valencia, hingga saat ini tidak memiliki keistimewaan itu. Start buruk di awal musim berimbas pada rendahnya posisi mereka di klasemen terkini.

Jarak ke peringkat empat sudah 15 angka. Dengan tren para pesaing, target finis empat besar nyaris mustahil, sehingga realistisnya Los Che mengejar tempat di LE. Masih ada dua jalur untuk memenuhinya, finis minimal di peringkat ketujuh atau menjadi kampiun LE edisi terkini.

Peluangnya mungkin sama besar, asalkan tren performa di LE juga menular ke panggung La Liga. Belakangan, performa Sang Kelelawar di kompetisi domestik justru tidak konsisten.

Bisa menang dari Barcelona, Betis, dan Granada, Valencia mendadak takluk 0-1 di tangan Vallecano dan ditahan imbang Bilbao 1-1 di Mestalla dalam dua pertandingan terakhir liga. Jika tak segera mengembalikan konsentrasi LE ke liga, Los Che bisa menjadi santapan bagi La Real.

SIARAN LANGSUNG
RCTI
Sociedad vs Valencia

Senin, 17 Maret;
Pukul: 03.00 WIB

Sumber: Harian BOLA; Penulis: Rizki Indra Sofa