Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Gourcuff: Blanc Bukan Seorang Pelatih

By Minggu, 9 Maret 2014 | 21:04 WIB
Christian Gourcuff, mengkritisi cara kerja Laurent Blanc (Jean-Sebastien Evrard/Getty Images)

bintang mahal milik PSG menjadi sebuah kesatuan yang solid. Kendati demikian, tak semua orang angkat topi atas kinerja Blanc di PSG.

Salah satu sosok yang beranggapan demikian adalah pelatih Lorient Christian Gourcuff. Pria 58 tahun yang merupakan ayah dari pemain Lyon, Yoann Gourcuff, itu menilai bahwa Blanc tak pantas disebut sebagai seorang pelatih.

"Bagi saya, pelatih ialah sosok yang bekerja langsung di lapangan. Namun, terdapat beberapa pelatih yang tak melakukan hal itu. Contohnya Laurent Blanc di PSG, di mana Jean-Louis Gasset (Asisten Pelatih Blanc) yang bekerja secara langsung dengan pemain.

Cara kerja semacam itu menjengkelkan saya. Jose Mourinho memiliki pengaruh besar dalam sebuah sesi latihan, begitu pula Arsene Wenger. Karena itu, seseorang yang tidak memiliki kontrol terhadap tim, bagi saya bukanlah pelatih," kata Gourcuff di Le Journal du Dimanche.

Gourcuff sendiri terkenal sudah kenyang makan asam garam di dunia kepelatihan. Ia sudah mulai melatih sejak 1982, atau ketika Blanc masih berusia 17 tahun.