Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Protes Kaus Setelah 19 Menit 27 Detik

By Dwi Widijatmiko - Kamis, 13 Maret 2014 | 08:02 WIB
Protes suporter Cardiff pada 25 Agustus 2013 (Michael Steele/Getty Images)

Suporter Cardiff City mengonfirmasi rencana aksi protes terhadap pemilik klub, Vincent Tan, pada partai melawan Liverpool, 22 Maret.

Pendukung Cardiff memprotes tindakan Tan. Setelah memiliki klub pada 2010, pengusaha Malaysia itu mengubah warna kostum klub dari biru menjadi merah dan logo klub dari bluebirds menjadi naga.

Pada 22 Maret, suporter akan datang ke stadion memakai kostum biru. Sambil berparade, mereka akan menyanyikan lagu "pro-blue" dan memberikan pertunjukan "blue pride" sebelum masuk ke dalam stadion.

Setelah di dalam stadion, suporter akan memulai protes lagi begitu pertandingan memasuki menit ke-19 detik ke-27. Cardiff memenangi Piala FA, satu-satunya trofi mereka, pada 1927.

"Ini adalah kesempatan bagi seluruh suporter Cardiff untuk menunjukkan ketidaksetujuan terhadap perubahan warna kaus dan logo. Sekaligus menunjukkan keinginan agar klub kembali ke tradisi," begitu pernyataan Cardiff City Supporters Club.

Semua kelompok suporter utama Cardiff mendukung aksi ini. Dari The Cardiff City Supporters Trust, The Cardiff City Supporters Club, Cardiff City Forum, Cardiff City Online, hingga Bluebirds Unite.

Aksi seperti ini bukan yang pertama dilakukan suporter Cardiff. Ketika tim menghadapi Manchester City pada 25 Agustus 2013, mereka juga sudah melakukannya.