Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Bayern Muenchen Terancam Sanksi UEFA

By Tulus Muliawan - Kamis, 13 Maret 2014 | 01:00 WIB
Spanduk penghinaan untuk Mesut Oezil. (The Guardian)

Bayern Muenchen terancam sanksi dari Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA) menyusul aksi tidak terpuji para fannya pada laga kontra Arsenal, Rabu (12/3) dini hari WIB. Fan Muenchen terlihat membentangkan spanduk hinaan untuk Mesut Oezil.

Spanduk bernada hinaan itu bertuliskan "Guy Gunners" dan karikatur yang menyerupai wajah Mesut Oezil. Aksi para fan itu tertangkap kamera televisi sebelum tersebar melalui sosial media.

"Proses pengusutan akan dilakukan terkait aksi tidak terpuji dari para fan Bayern Muenchen, membentangkan spanduk hinaan, dan terlambat kick-off. Kasus ini akan diselesaikan oleh komisi kontrol dan disiplin UEFA pada 20 Maret," tulis UEFA dalam rilis resminya.

Hukuman Muenchen bisa semakin besar karena aksi kontroversial lainnya pada laga kontra Arsenal. Beberapa fan terlihat membentangkan spanduk bertuliskan "Katakan Tidak untuk Rasisme, Katakan Ya untuk Kosovo".

Seperti diketahui, pekan lalu Kosovo baru menjalani laga internasional perdananya melawan Haiti. Namun, spanduk itu dinilai berbau kampanye dan politik, yang haram dilibatkan dalam sebauh pertandingan sepak bola.