Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ducati Yakin Mampu Saingi Honda dan Yamaha

By Tulus Muliawan - Rabu, 12 Maret 2014 | 22:11 WIB
Gigi Dall'Igna (Mirco Lazzari gp/Getty Images)

Bos baru Ducati, Gigi Dall'Igna, mengaku puas dengan susunan pebalap timnya pada 2014. Ia yakin Andrea Dovizioso dan Cal Crutchlow bisa mengubah peruntungan Ducati di MotoGP.

Ducati sedang menjalani masa kelam di MotoGP karena tak pernah menang sejak akhir 2010. Musim lalu lebih tepat disebut bencana. Dovizioso dan Nicky Hayden masing-masing hanya mampu dua kali finis di posisi enam terdepan.

Dovizioso tetap bertahan di Ducati dan bereuni dengan eks rekan setim di Yamaha Tech 3, Crutchlow. Keduanya memperlihatkan kemajuan pesat di tes pramusim dan Dall'Igna yakin Ducati akan menjadi penantang serius bagi Honda dan Yamaha.

"Cal pintar melucu dan itu penting untuk menjaga tim tetap tersenyum. Ia telah melakukan pekerjaan hebat dan saya sangat senang dengan perkembangannya," kata Dall'Igna kepada MCN.

"Dovi pebalap penting bagi Ducati karena ia telah memiliki pengalaman bersama kami pada tahun lalu. Ia bisa memberikan timbal balik untuk pengembangan motor. Saya rasa kami bisa meraih hasil bagus," ujar Dall'Igna.

Dall'Igna langsung membuat gebrakan dengan memindahkan seluruh pebalap Ducati ke Kelas Terbuka (Open Class). Dengan begitu, Ducati akan mendapatkan bahan bakar ekstra, ban lebih lunak, dan kebebasan mengembangkan mesin, tiga keuntungan besar yang tak diberikan Kelas Pabrikan (Factory Class).