Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Sinar Terang Blaise Matuidi

By Weshley Hutagalung - Kamis, 6 Maret 2014 | 20:23 WIB
Blaise Matuidi, sinar baru timnas Prancis (Franck Fife/AFP)

0 yang diraih tim nasional Prancis saat menjamu Belanda dalam laga bertajuk persahabatan di Stade de France, Paris, Rabu (5/3) tidak terlepas dari andil gelandang mereka, Blaise Matuidi. Pemain Paris Saint Germain (PSG) itu mampu mencetak satu gol dan satu assist.

Bermain penuh 90 menit, Matuidi berhasil menampilkan performa terbaiknya. Sepanjang pertandingan, pemain yang baru saja menandatangani perpanjangan kontrak bersama PSG ini menjadi pengontrol serangan dari lini tengah Tim Ayam Jantan.

Matuidi tercatat melakukan 65 operan dengan tingkat akurasi tepat sasaran mencapai 92 persen. Satu dari total operannya berujung gol, yakni umpan terobosan kepada Karim Benzema yang sukses dikirimkan penyerang Real Madrid tersebut ke gawang De Oranje yang dikawal Jasper Cillessen di menit ke-32.

Selain operan, Matuidi juga melakukan dua kali tembakan yang semuanya tepat mengarah ke gawang Belanda. Salah satunya berhasil menggandakan keunggulan Prancis di menit ke-41. Seluruh catatan di atas mengantarkan pria yang akan berusia 26 tahun pada 9 April mendatang itu menjadi man of the match, dengan rating 8.9.

Penampilan gemilang Matuidi sebenarnya tidak hanya terjadi pada laga melawan Belanda. Di level klub, baik di liga Prancis maupun Liga Champion, pemain keturunan Angola itu juga memiliki raihan yang di atas rata-rata.

Dari total 22 penampilan bersama PSG di Liga Perancis, Matuidi telah mencetak empat gol. Dia juga sukses mencapai akurasi 91,8 persen dari 1.453 operan yang dilakukannya. 

Di Liga Champion, mantan pemain Saint Etienne ini tampil sebanyak enam kali dan mencetak satu gol. Adapun akurasi ketepatan operannya mencapai 93,6 persen dari total 404 operan.

Laporan: Indra Citra Sena