Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Mungkinkah Menggeber Lagi Formula 1 di Long Beach?

By Editor Eko Widodo - Kamis, 6 Maret 2014 | 17:27 WIB
Sirkuit Long Beach mesti diperbaiki lagi. (Getty Images)

Sirkuit Jalan Raya Long Beach, California, AS, mempertimbangkan kembali menggelar balapan Formula 1 pada 2016. Long Beach terakhir kali menggelar balapan F1 pada 31 tahun silam sebelum beralih ke Cart dan terakhir Indy Car dengan alasan finansial.

Seperti dilansir Autosport, kontrak Long Beach dengan Indy Car akan berakhir pada 2015. Keputusan apakah memperpanjang kontrak dengan Indy Car atau pindah haluan ke F1 akan ditentukan hasil diskusi antara Dewan Kota Long Beach dan pemegang lisensi sirkuit, Rabu (5/4).

Menggelar lomba jet darat tentu akan menguntungkan Long Beach, baik secara ekonomi maupun promosi. Namun, biaya untuk menggelar Indy Car, 2 juta dolar AS, jelas jauh lebih murah daripada F1 yang mencapai 15 juta dolar AS.

Selain itu, sirkuit juga masih harus direnovasi dengan meningkatkan kualitas trek dan menyediakan berbagai fasilitas pendukung penting lain yang memenuhi standar F1.

Long Beach menggelar balapan F1 selama delapan tahun pada 1976-1983. Pemenang terakhir adalah pebalap Inggris, John Watson, yang membela McLaren.

Sumber: Harian BOLA; Penulis: Oka Aksan