Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

10 Pelatih Sepak Bola Bergaji Tertinggi Dunia (9)

By Verdi Hendrawan - Selasa, 4 Maret 2014 | 23:38 WIB
Jurgen Klopp (Martin Rose/Getty Images)

Dalam industri sepak bola di seluruh dunia, selain pemain dengan gaji fantastis kini para pelatih yang juga memilikinya. Sebagai sosok yang sangat menentukan prestasi sebuah tim, seorang pelatih dipandang sangat layak untuk mendapatkan pendapatan yang besar pula. Berikut daftar 10 pelatih dengan gaji tertinggi di dunia:

9. Jurgen Klopp (Borussia Dortmund) 4,3 Juta Euro

Sejak bergabung dengan Borussia Dortmund pada Juli 2008, Jurgen Klopp telah mampu membawa Die Borussen kembali menemukan kejayaannya seperti di era 90-an. Pelatih berusia 46 tahun itu mampu membuat Bayern Muenchen yang nyaman berkompetisi di Bundesliga seakan tanpa banyak kendala, kesulitan untuk menjaga dominasinya.

Puncaknya adalah pada musim 2010/11, di mana Klopp sukses membawa Dortmund menjuarai Bundesliga setelah terakhir kali diraih pada 2001/02. Pada musim 2011/12 prestasi Dortmund pun semakin menjadi-jadi. Klopp sukses membawa Die Borussen meraih gelar ganda (Bundesliga dan DFB-Pokal) yang membuat Muenchen semakin gigit jari.

Di musim 2012/13, Dormund gagal meraih tiga gelar sekaligus karena Muenchen. Klopp hanya mampu membawa Bortmund meraih posisi runner-up di tiga kompetisi berbeda, yaitu Bundesliga, DFB-Pokal, dan juga Liga Champion, yang semuanya dimenangi oleh Die Bayern.

Berkat prestasi besar Klopp bersama Dortmund, manajemen klub pun memperpanjang kontrak sang pelatih hingga Juni 2018 pada Oktober 2013 dengan gaji yang diperkirakan sebesar 84 ribu per pekan atau 4,36 juta euro setiap musim.

<--- Sebelumnya   Selanjutnya --->