Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Liga Belanda: Finnbogason Mengancam Ajax

By Editor Eko Widodo - Minggu, 16 Februari 2014 | 22:10 WIB
Alfred Finnbogason (Getty Images)

1 oleh tuan rumah FC Groningen dalam partai tunda pekan ke-20.

Hasil tersebut membuat posisi Ajax di puncak klasemen tetap aman hingga pekan ke-24 Liga Belanda selesai digelar pada Minggu ini. Sekarang Ajax unggul empat poin dari Twente yang berada di peringkat kedua.

Ajax tentu ingin mempertahankan keunggulan empat poin itu. Namun, tim asuhan Frank de Boer akan bertemu lawan berat pada Minggu (16/2) di kandang sendiri, Amsterdam Arena, yakni SC Heerenveen.

Heerenveen berada di peringkat lima. Selain itu tim asuhan Marco van Basten, mantan penyerang Ajax, itu memiliki Alfred Finnbogason. Pemimpin daftar raja gol Liga Belanda dengan jumlah 21 gol itu tak pernah absen menjebol gawang Ajax sejak ia bermain di Belanda pada musim lalu.

Penyerang asal Islandia itu total lima kali mengoyak jala gawang Ajax dalam tiga duel bersama Heerenveen. Gol-gol Finnbogason pada tiga duel terakhir membuat Ajax gagal mendapatkan tripoin.

Apakah kegagalan Ajax mengalahkan Heerenveen akan terulang pada akhir pekan ini? Fakta menunjukkan bahwa Ajax selalu menang dalam tiga pertandingan kandang di tahun 2014, yakni atas PSV (1-0), Feyenoord (3-1), dan Groningen (2-1).

Fox Sports
Ajax vs Heerenveen

Minggu, 16 Feb; Pkl.: 22.30 WIB

Sumber: Harian BOLA; Penulis: Riemantono