Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

St-Etienne vs Marseille: Les Verts Janjikan Kokoh

By Editor Eko Widodo - Minggu, 16 Februari 2014 | 21:59 WIB
Andre Gicnac, senjata Marseille. (AFP)

Etienne. Kedua tim hanya dipisahkan jarak dua poin.

Ahad (16/2), Andre-Pierre Gignac dkk. berpeluang mengatrol posisi mereka setingkat lebih tinggi di klasemen. Marseille akan menyambangi Geoffroy-Guichard guna berduel langsung dengan Saint-Etienne.

“Sebuah ujian berat sebab Saint-Etienne merupakan tim yang tangguh dalam bertahan. Mereka begitu kokoh. Saint-Etienne sangat sedikit kehilangan angka kala bermain di kandang sendiri. Kami harus tampil baik, sama seperti kala tim mengalahkan Bastia 3-0,” kata pengatur serangan Marseille, Mathieu Valbuena, kepada France Info.

Pernyataan Valbuena tak mengada-ada. Saint-Etienne adalah tim Ligue 1 yang paling sedikit kebobolan pada 2014. Dalam enam laga terakhir, kiper Stephane Ruffier hanya pernah dua kali memungut bola dari gawangnya. Tak hanya itu, tim yang menyandang julukan Les Verts atau Si Hijau itu meraup 26 poin dalam 12 laga kandang.

Pemuncak klasemen saat ini, PSG , bahkan harus puas dengan satu poin kala bertandang ke Geoffroy-Guichard. Kala itu Les Verts bermain imbang 2-2 dengan PSG.

Namun, Marseille boleh tetap menatap laga ini dengan kepercayaan diri tinggi. Selain pernah menundukkan Saint-Etienne di pertemuan perdana, Les Phoceens juga tak terlalu jelek kala bermain di luar Stade Velodrome. Jumlah koleksi poin mereka di partai tandang adalah 19 alias cuma selisih satu biji dengan torehan tim di Velodrome.

Jika ingin mengulangi raihan tripoin seperti di bentrokan pertama, pelatih Marseille, Jose Anigo, wajib menjaga performa apik yang diperlihatkan Gignac dan Dimitri Payet. Gignac telah menyumbang 11 gol dalam 11 laga terakhirnya, sementara Payet selalu masuk papan skor dalam dua pekan terakhir.

Hanya, Marseille tak memiliki catatan bagus kala bertandang ke markas Saint Etienne. Dalam 51 laga, Marseille hanya menang sembilan kali. Sebaliknya, Saint-Etienne mengukir 31 tripoin.

Menilik hal itu, Les Verts pun yakin bisa membalas kekalahan yang mereka alami di pertemuan pertama. Mereka bertekad menumpulkan penyerangpenyerang Marseille, yang tengah dalam performa panas. “Kami dalam kondisi baik dan telah berlatih keras pada beberapa hari belakangan guna menangkal salah satu pemilik lini serang terbaik di Ligue 1,” ujar bek Saint-Etienne, Kurt Zouma.

Live B Channel
Saint-Etienne vs Marseille

Senin 17 Februari; Pukul 03.00 WIB

Sumber: Harian BOLA; Penulis: Sem Mahardika