Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Pebalap Cadangan: Muda, Tua, plus Wanita

By Editor Eko Widodo - Minggu, 23 Februari 2014 | 21:54 WIB
Simona de Silvestro, menuju jadi pebalap utama di Sauber 2015. (Getty Images)

Peran pebalap cadangan sangat krusial bagi tim Formula 1. Mereka bertugas menguji dan mengembangkan mobil serta menggantikan pebalap utama jika berhalangan tampil.

Pebalap pelengkap tak harus melulu sosok yang telah berpengalaman tampil di panggung utama lomba jet darat seperti Pedro de la Rosa (42 tahun) di Ferrari. Beberapa tim lebih memilih memercayakan posisi tersebut kepada pebalap muda potensial, bahkan wanita!

Sauber menunjuk Simona de Silvestro sebagai affiliated driver pada 2014. Wanita asal Swiss yang dalam empat musim terakhir tampil di ajang balap mobil Indy itu diproyeksikan untuk menjadi pebalap utama pada 2015.

Lotus menjadi tim terbaru yang mengumumkan komposisi lengkap pebalap musim 2014. Peringkat keempat konstruktor dalam dua musim terakhir itu resmi mengikat Charles Pic (pebalap ketiga), Marco Sorensen (pebalap penguji), dan Nicolas Prost (pebalap program pengembangan), Jumat (21/2).

“Bekerja untuk tim besar adalah langkah maju dalam karier saya. Saya akan mempelajari banyak hal dari peran baru ini,” kata Pic, eks pebalap utama Marussia (2012) dan Caterham (2013) yang berusia 24 tahun, seperti dilansir Autosport.

Sumber: Harian BOLA; Penulis: Oka Akhsan