Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Hasil Undian Babak Kualifikasi Euro 2016

By Dwi Widijatmiko - Minggu, 23 Februari 2014 | 18:45 WIB
Undian Kualifikasi Euro 2016, berlangsung Minggu (23/2) di Nice. (Anadolu Agency/Getty Images)

tim Eropa akan langsung tampil di Kualifikasi Euro 2016 pada September 2014.

Ajang kompetisi antarnegara tertinggi di Eropa itu akan digelar di Prancis pada dua tahun mendatang. Undian pembagian grup Prancis 2016 sudah dilakukan pada Minggu (23/2) siang waktu Eropa Tengah di Nice, Prancis.

Dalam acara undian itu, sejumlah kiper legendaris Eropa, seperti Peter Schmeichel (Denmark), Dino Zoff (Italia), dan Hans van Breukelen (Belanda) diminta UEFA sebagai pengambil bola-bola berisi nama 53 negara yang berpartisipasi.

Sejumlah hasil menarik muncul. Di Grup A, Belanda bergabung dengan Republik Ceska dan Turki. Grup B dihuni dua negara yang sedang naik daun dan lolos ke Piala Dunia 2014, Bosnia-Herzegovina dan Belgia. Juara bertahan Spanyol ditantang Ukraina di Grup C. Jerman bertemu Polandia di Grup D.

Inggris berada satu kelompok dengan Swiss di Grup E. Grup F di antaranya diisi oleh Yunani, Hongaria, dan Rumania. Zlatan Ibrahimovic dan Swedia bakal menghadapi Rusia di Grup G. Italia harus mengatasi Kroasia, Norwegia, dan Bulgaria di Grup H. Di Grup terakhir, yaitu Grup I, Portugal menghadapi Denmark dan Serbia.

Hasil undian pembagian grup:

Grup A: Belanda, Rep. Ceska, Turki, Latvia, Islandia, Kazakstan

Grup B: Bosnia, Belgia,Israel, Wales, Andorra, Siprus

Grup C: Spanyol, Ukraina, Slovakia, Belarusia, Masedonia, Luksemburg

Grup D: Jerman, Irlandia, Polandia, Skotlandia, Georgia, Gibraltar