Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Empat Alasan Juventus Harus Juara Liga Europa

By Suryo Wahono - Kamis, 20 Februari 2014 | 22:33 WIB
Juventus (Getty Images)

Juventus akan memulai petualangan di Liga Europa, Kamis (20/2). I Bianconeri akan menjamu Trabzonspor di Juventus Stadium pada leg pertama babak 32 besar.

Tersingkir dari Liga Champion jelas mengecewakan Juventus. Untuk itu, menjadi juara di Liga Europa bakal menjadi penawar rasa kecewa yang ampuh. Setidaknya ada 4 alasan mengapa Si Nyonya Tua harus menjuarai Liga Europa.

1. Uang

Meskipun uang yang mengalir di Liga Europa tak sebanyak di Liga Champion, namun Juventus tak boleh melepas hadiah uang yang disediakan di Liga Europa begitu saja. Bermain di babak 32 besar saja I Bianconeri sudah mendapatkan 200 ribu euro (3,2 m). Bila melangkah ke babak selanjutnya uang pun bertambah. Jika berhasil juara, total Juventus akan meraup 7 juta euro.

2. Koefisien UEFA

Peringkat klub-klub Italia di UEFA terus diancam Prancis. Menjadi juara di Liga Europa menjadi satu-satunya cara bagi Italia untuk menyelamatkan posisinya sebagai negara empat besar UEFA. Juventus akan menjadi pahlawan untuk Italia bila juara.

3. Mental

Menjadi juara Liga Europa tentu akan mengembalikan mentalitas juara Juventus di Eropa. Apalagi di Serie A Juventus juga berpeluang besar juara. Meraih gelar ganda tentu menjadi prestasi luar biasa untuk pasukan Antonio Conte.

4. Juventus Stadium

Juventus tak boleh melepas Liga Europa karena partai final akan diselenggarakan di markas mereka sendiri. Menjadi juara di stadion sendiri jelas akan membuat keberhasilan terasa lebih spesial.